4 Penyebab Mainboard Printer Rusak yang Perlu Diketahui

Mainboard adalah salah satu komponen yang bisa ditemukan di dalam printer. Mainboard tersebut ternyata juga bisa saja mengalami masalah berupa kerusakan. Lantas apa yang menjadi penyebab mainboard printer rusak? Kita akan kupas tuntas lengkap disini.

Di dalam printer, kita sering mendengar istilah mainboard. Ini merupakan komponen inti yang ada di dalam benda elektronik. Bisa dibilang peran mainboard penting sama pentingnya seperti motherboard pada komputer.

Bila mainboard yang ada di dalam sebuah printer mengalami kerusakan, tentu kita sulit untuk menggunakan printer tersebut. Jangankan untuk mencetak dokumen, menghidupkan printernya pun akan sulit.

Berbagai Macam Penyebab Mainboard Printer Rusak

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mainboard printer rusak. Untuk tahu jawabannya, maka anda bisa simak ulasan selengkapnya yang menjelaskan tentang apa saja yang menjadi penyebab rusaknya mainboard pada printer anda.

1. Printer Tidak Memiliki Jeda Istirahat

Biasanya hal ini sering terjadi kepada seseorang yang melakukan pencetakan sekaligus. Misalnya saat anda melakukan cetak 100 dokumen dengan sekali print. Padahal kebiasaan seperti ini bisa berdampak buruk terhadap kinerja printer.

Pertama, akibat dari cetak terlalu banyak adalah cartridge yang dipakai akan panas. Lalu mainboard juga ikut panas karena harus bekerja keras untuk mencetak dokumen berlebihan. Bila hal ini terus saja dilakukan, maka kerusakan bagian mainboard bisa terjadi.

Solusi dari masalah ini, jika anda harus mencetak dalam jumlah banyak, sebaiknya anda bisa mengakalinya dengan melakukan pencetakan secara bertahap. Misalnya jika anda harus mencetak ratusan halaman dokumen. Anda bisa membagi proses pencetakan dalam beberapa tahapan seperti menjadi 20 lembar atau 50 lembar.

Jika anda sudah mencetak 20 lembar, beri jeda istirahat beberapa menit. Kemudian bisa dilanjutkan kembali. Lakukan sampai semua dokumen tercetak. Dengan cara tersebut, semua komponen yang ada di dalam printer tidak mudah mengalami kerusakan.

2. Printer Anda Jarang Digunakan

Bila sebelumnya penyebab mainboard printer rusak adalah terlalu sering digunakan, maka di dalam poin ini justru printer anda tidak pernah digunakan. Bila anda menganggap printer awet saat tidak pernah digunakan, anda salah.

Hal ini sama seperti membiarkan sebuah mesin kendaraan yang tidak pernah dipakai terlalu lama. Mesin yang didiamkan tentu bisa merusak komponen yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan printer.

Mesin printer yang tidak pernah merasakan daya panas listrik bisa cepat rusak. Khususnya di bagian mainboard dan cartridge. Solusi dari masalah ini, anda harus belajar bagaimana cara menyimpan printer untuk waktu lama supaya printer tidak rusak.

Disamping itu, bila tidak banyak yang perlu dicetak, anda dapat menggunakan proses deep cleaning. Supaya tinta yang ada pada cartridge tidak mudah membeku atau kering.

3. Printer Tidak Dirawat dengan Baik

Sama seperti benda elektronik lainnya. Printer bila tidak dirawat dengan baik bisa mengakibatkan mainboard-nya rusak. Misalnya saat printer banyak debu, lalu tidak pernah dilakukan proses pembersihan.

Tentu saja partikel debu bisa merusak komponen yang terdapat di dalam printer. Terutama bagian cartridge dan mainboard. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, anda harus rajin membersihkan printer dari berbagai macam debu yang menempel.

Paling tidak proses pembersihan dilakukan seminggu sekali. Bila anda punya waktu luang, setelah printer digunakan anda bisa menutup printer dengan plastik bawaan printer atau kain. Tujuannya agar mencegah debu yang masuk pada komponen printer terlalu banyak.

Oleh sebab itu, saat menggunakan printer pastikan anda selalu memeliharanya. Dengan demikian, printer bisa terus awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Bila printer awet, tentu biaya pengeluaran anda juga lebih sedikit untuk perawatan printer tersebut. Sehingga anda bisa lebih hemat.

4. Tinta Bocor

Bagian tinta yang mengalami kebocoran ternyata bisa merusak mainboard pada printer. Tinta bocor biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti kualitas cartridge buruk, tinta yang diisi terlalu banyak atau selang yang menghubungkan cartridge dengan mainboard rusak.

Bila masalah ini terjadi, maka solusinya anda bisa mencoba mempelajari bagaimana memperbaiki cartridge yang ada pada printer anda. Tetapi bila sudah tidak bisa, maka anda bisa membawanya ke tempat service printer yang terpercaya.

Pusat Service Printer Terbaik

Anda tak perlu bingung untuk mencari tempat service printer yang terbaik dan berkualitas. Sebab sekarang sudah ada Xpresprint yang hadir di tengah-tengah anda. Xpresprint siap membantu memperbaiki berbagai masalah kerusakan printer. Termasuk kerusakan mainboard pada printer anda.

Selain menyediakan jasa service printer dengan hasil yang memuaskan. Kami juga memberikan layanan jasa sewa printer. Ada berbagai macam jenis printer yang bisa anda sewa. Mulai dari printer Inkjet, Laserjet dengan berbagai merk dan model.

Dengan demikian, anda bisa mengetahui penyebab mainboard rusak pada printer sekaligus mencari solusi tepatnya di Xpresprint. Hubungi segera Xpresprint dan dapatkan harga terbaik yang ditawarkan untuk anda. Xpresprint tak pernah mengecewakan karena terbukti memuaskan.