Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Bermasalah

Tidak selamanya cartridge pada printer bisa berfungsi dengan benar. Terkadang cartridge bermasalah atau rusak. Oleh sebab itu, anda harus tahu bagaimana cara memperbaiki cartridge printer yang rusak.

Ada beberapa gejala yang menyebabkan cartridge mengalami kerusakan. Seperti rusak pada bagian head cartridge dan rusak pada bagian chip cartridge. Kerusakan ini bila dibiarkan, maka bisa membuat printer anda  tidak bisa digunakan.

Salah satu masalah yang terjadi pada cartridge adalah cartridge printer tersumbat. Hal ini terjadi disebabkan karena printer tidak dipakai untuk mencetak di waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, tinta yang ada di ujung cartridge kering.

Masalah ini bisa menghambat aliran tinta dari cartridge ke bagian head cartridge. Sehingga hasil akhir cetakan dari printer tidak jelas, warnanya pudar atau ada bagian yang tidak tercetak.

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tersumbat

Sebenarnya jika anda tidak mau ribet dan hasilnya pasti sempurna, anda bisa percayakan kepada Xpresprint. Kami merupakan penyedia cartridge. Xpresprint juga melayani jasa service printer dan cartridge yang mengalami kerusakan.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk anda mengetahui bagaimana mengatasi cartridge printer yang rusak. Khususnya bila cartridge tersumbat karena sudah lama tidak dipakai.

Bila anda memakai sistem operasi Windows, maka anda dapat mencoba beberapa cara memperbaiki cartridge printer berikut ini. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki cartridge printer anda yang tersumbat. Dalam hal ini, kami contohkan dengan perangkat printer merk Canon Pixma ip2770.

1. Bersihkan Head Menggunakan Fitur Head Cleaning

Ada bisa membersihkan bagian head printer dengan cara membuka Control Panel. Kemudian pilih Start Menu dengan keyword “Control Panel” tanpa menggunakan tanda kutip. Jika jendela Control Panel sudah terbuka.

Kemudian antarmuka Control Panel memakai mode View by Category anda lihat pada bagian kanan atas. Kemudian klik View Device and Printers di bagian kategori Hardware and Sound.

Bila antarmuka pada bagian Control Panel yang menggunakan mode View by Large Icons atau View Small Icon anda bisa lihat di bagian kanan atas. Anda dapat mengklik Device and Printers. Jika jendela Device and Printers sudah terbuka, anda bisa lihat printer yang bersangkutan misalnya Canon ip2770.

Tinggal klik kanan di bagian icon Printer. Kemudian pilih Printing Preferences. Saat jendela Printing Preferences muncul, klik tab Maintenance. Lalu klik Head Cleaning, klik start atau yes atau ok bila muncul jendela konfirmasi. Maka pembersihan head akan berlangsung dan tunggu sampai proses selesai. Ini nanti akan ditandai dengan printer yang berhenti beroperasi.

2. Merendam Cartridge Printer Bagian Bawah dengan Cairan Head Cleaner

Sebenarnya bila anda tidak mendapatkan head cleaner, maka untuk menghemat biaya, anda bisa menggunakan air panas sebagai gantinya. Namun hasilnya bisa lebih optimal bila anda menggunakan cairan dari head cleaner. Anda bisa mendapatkan cairan ini di toko komputer terdekat di wilayah anda.

Sementara itu, untuk menggunakan head cleaner ini ada beberapa tahapan. Pertama, anda siapkan terlebih dahulu wadah yang kira-kira bisa masuk dua buah cartridge printer.

Anda bisa menggunakan tutup toples yang memiliki ukuran diameter sekitar 15 cm. Dalam hal ini, diasumsikan yang bermasalah adalah cartridge warna dan cartridge hitam.

Selanjutnya anda tinggal tuangkan head cleaner secukupnya saja. Tuang dari ketinggian 2mm sampai 5mm. Sebab, hanya dipakai untuk merendam bagian head cartridge untukan untuk semua cartridge printer.

Tempatkan cartridge printer dalam wadah dengan posisi bagian head cartridge yang terendam oleh cairan head cleaner. Biarkan dulu sampai beberapa jam.

Akan lebih baik jika perendaman dilakukan semalaman. Akan tetapi anda bisa menyesuaikan dengan kondisi. Perendaman dirasa cukup bila cairan head cleaner telah mengikis tinta yang menggumpal pada bagian head cartridge.

Bila itu sudah dirasa cukup, maka anda bisa mengangkat cartridge printer. Selanjutnya tinggal anda bersihkan bagian head printer dengan menggunakan tisu yang kering.

Memperbaiki Chip Cartridge yang Bermasalah

Selain head cartridge yang tersumbat, salah satu masalah yang sering dialami adalah chip cartridge yang rusak. Ketika mengalami kerusakan, maka layar komputer anda akan menampilkan error message ketika digunakan seperti:

  • Cartridge tinta tidak terpasang dengan benar
  • Tidak kompatibel cartridge tintanya
  • Cartridge tinta belum terpasang
  • Cartridge tinta tidak dikenal dan lain sebagainya.

Cabut Cartridge Printer, Bersihkan Konektor Chip–nya

Siapkan penghapus dari bahan karet dan juga tisu kering. Lalu cabut cartridge tinta printer dari printer anda. Bersihkan bagian connector chips cartridge menggunakan tisu kering. Tujuannya untuk membersihkan connector chip cartridge dari kotoran yang basah.

Lalu bersihkan connector chip cartridge dengan menggunakan penghapus dari bahan karet. Tujuannya untuk membersihkan dari kotoran kasar seperti kerak yang menempel. Selanjutnya pasang kembali kabel printer seperti sedia kala.

Setelah anda menggunakan salah satu cara memperbaiki cartridge printer, ini anda bisa periksa apakah layar monitor anda masih muncul error message atau tidak ketika printer anda digunakan. Jika tidak berarti masalah anda teratasi.