Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Cepat dan Mudah

Terkadang banyak orang yang bingung ketika melihat hasil cetakan printer mereka bergaris. Sehingga tak jarang mereka merasa kesal karena tidak tahu bagaimana cara mengatasi hasil print bergaris. Tetapi hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah dan cepat.

Meski demikian, masalah ini memang cukup mengganggu. Tapi anda tak perlu khawatir, sebab Xpresprint akan berbagi tips bagaimana mengatasi hasil print yang bergaris dengan mudah.

Seperti yang kita tahu saat ini banyak orang yang mengenal perangkat printer. Sebab printer memudahkan anda mencetak apapun baik foto maupun dokumen. Sehingga kehadirannya sangat dibutuhkan.

Printer bukan cuma sekedar bisa menampilkan warna hitam putih. Sebab sekarang printer semakin canggih dan multifungsi. Seperti dapat melakukan fotokopi sampai dengan proses mencetak gambar yang berwarna.

Penyebab dan Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

Anda pasti akan merasa kesal bila hasil print dari tugas anda berakhir dengan masalah garis-garis yang ada di hasil cetakan. Memang sering sekali terjadi kesalahan di benda elektronik, tak terkecuali mesin printer.

Gangguan yang terjadi tersebut dapat disebabkan banyak faktor. Mulai dari mesin printer yang kotor atau kegagalan fungsi sebagai penyebab utamanya. Bisa juga ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan dan harus dilakukan service.

Bila memang harus dilakukan service printer, maka anda harus memilih tempat service printer yang terpercaya seperti Xpresprint. Cara mengatasi hasil print bergaris bisa dilakukan dengan mudah oleh Xpresprint.

Xpresprint memberikan jasa service printer dengan kualitas terbaik dan pelayanan yang memuaskan. Printer anda yang mengalami kerusakan bisa dilakukan perbaikan oleh Xpresprint.

Hasilnya pun printer kembali seperti semula dan bisa digunakan untuk mencetak baik gambar maupun dokumen.

Solusi Cetakan Printer Bergaris

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah berupa hasil print yang bergaris. Anda bisa mencoba untuk menerapkan beberapa metode ini bila mengalami masalah tersebut.

1. Memeriksa dan Membersihkan Encoder

Di dalam printer bagian belakang cartridge terdapat benda panjang seperti mika. Benda inilah yang disebut dengan encoder. Fungsi dari encoder sendiri adalah sebagai sensor. Encoder memiliki pengaruh terhadap hasil print, apalagi jika encoder dalam kondisi kotor.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda periksa encoder di bagian printer lebih dulu. Bila encoder sudah mulai kotor, anda bisa membersihkannya. Cara untuk membersihkannya cukup mudah. Anda bisa menyeka encoder dengan tisu perlahan. Lalu membersihkan debu yang menempel di bagian encoder.

Selanjutnya anda bisa mencoba untuk print ulang dan melihat seperti apa hasilnya. Hasilnya tentu akan lebih baik dibandingkan ketika encoder kotor. Disamping menyeka dengan tisu, anda juga dapat melepas encoder lalu merendamnya dengan air hangat. Tunggu hingga kering dan pasang kembali seperti semula.

2. Memeriksa Kondisi Cartridge

Di dalam mesin printer salah satu komponen yang harus diperhatikan yaitu cartridge. Ini adalah wadah penyimpanan tinta yang nantinya dipakai untuk mencetak gambar atau tulisan. Dengan fungsi cartridge tersebut, maka perangkat ini harus dicek secara berkala.

Bisa jadi hasil akhir yang bergaris disebabkan karena cartridge mesin printer anda bermasalah. Solusinya anda bisa membersihkan cartridge printer tersebut. Anda juga bisa mengecek tinta di dalam cartridge.

Cek apa ada tinta yang menggumpal. Tinta yang baik untuk printer adalah tinta yang tidak memiliki gumpalan sama sekali. Tinta yang menggumpal bisa menjadi penyebab hasil print bergaris.

Oleh sebab itu, cara mengatasi hasil print bergaris bisa dengan merendam cartridge di dalam air hangat.Rendam di bagian head saja beberapa menit. Lalu pasang lagi cartridge saat sudah kering.

3. Menyedot Tinta Cartridge

Sebenarnya ini merupakan salah satu cara agar bisa mengoptimalkan kondisi tinta cartridge yang bermasalah karena menggumpal. Caranya dengan melakukan penyedotan tinta cartridge atau mengosongkannya.

Anda dapat menyedot tinta yang ada di cartridge hingga kosong. Caranya dapat menggunakan suntikan untuk menyedot tinta di cartridge. Bisa juga memakai sedotan khusus. Dengan demikian, tinta yang dikeluarkan dapat langsung melalui bagian head cartridge.

4. Ganti Cartridge

Sebelumnya anda disarankan untuk membersihkan cartridge. Tetapi bila cara ini tidak berhasil, kemungkinan memang anda harus mengganti cartridge pada printer yang rusak.

Atas dasar tersebut disarankan untuk mengganti cartridge supaya hasil cetakannya lebih bagus dan anda bisa terhindar dari masalah hasil print bergaris.

Sebab cartridge yang rusak memiliki potensi untuk membuat printer juga bisa cepat rusak dan tidak awet. Oleh karena itu, daripada menunggu hingga printer tidak dapat dipakai. Pastinya lebih baik bila anda mengganti cartridgenya agar printer awet.

5. Membawa ke Ahlinya

Bila anda merasa ragu untuk mengotak atik printer anda sendiri. Anda bisa saja langsung membawa printer anda kepada ahlinya. Anda bisa langsung datang ke tempat service printer yang terpercaya.

Disini Xpresprint siap membantu anda dengan memberikan cara mengatasi hasil print bergaris. Sebab, kami merupakan penyedia jasa service printer yang sudah berpengalaman dan memiliki tenaga profesional dalam melakukan service printer.