Inilah Ciri-Ciri Printer Inkjet Lengkap dengan Kegunaannya

Saat ini jenis printer yang beredar di pasaran bermacam-macam. Mulai dari printer yang hanya bisa mencetak dokumen dalam bentuk kertas sampai mencetak benda dengan bentuk tiga dimensi. Salah satu jenis printer yang ada di pasaran adalah printer inkjet. Seperti apa ciri-ciri printer inkjet dan apa kegunaannya?

Kita tahu mesin printer adalah mesin yang dipakai untuk mencetak dokumen atau benda dari data mentah. Printer inkjet adalah salah satu dari berbagai macam jenis printer yang sering digunakan banyak orang.

Mengenal Ciri-ciri Printer Inkjet

Ini merupakan jenis printer yang banyak ditemui di berbagai tempat seperti tempat print yang ada di sekitar universitas. Anda tentu penasaran seperti apa ciri-ciri printer inkjet itu. Sehingga banyak sekali orang yang menggunakannya bila dibandingkan dengan jenis printer yang lain.

Untuk tahu jawabannya, berikut ini akan kami sampaikan beberapa ciri yang bisa anda temui dalam printer inkjet. Dengan demikian, anda bisa tahu dan membedakan printer inkjet dengan printer lain yang ada di pasaran.

1. Memiliki Ukuran yang Cukup Kecil

Salah satu ciri yang bisa dengan mudah dilihat dari printer inkjet ini adalah ukurannya yang bisa dikatakan lebih kecil bila dibandingkan jenis printer lain. Bila dibandingkan, ukuran printer inkjet hampir sama satu kardus air mineral yang berbentuk gelas.

Oleh karena itu, printer jenis ini akan sangat mudah dibawa kemanapun. Sebab rata-rata ukurannya tidak terlalu besar. Sehingga membuat printer ini sangat mudah untuk dibawa.

2. Bisa Mencetak Foto dengan Kualitas Lebih Baik

Selanjutnya ciri khas yang ada pada printer inkjet adalah kemampuannya mencetak berbagai macam dokumen dengan jumlah yang sedikit. Sebab bila mencetak dokumen dengan jumlah cukup banyak, kinerja printer bisa melambat.

Walaupun demikian, printer ini unggul dalam cetak foto dengan kualitas yang lebih baik. Oleh karena itu, biasanya rata-rata tempat cetak foto akan lebih memilih menggunakan printer inkjet sebagai media cetak foto mereka.

3. Memiliki Bobot yang Ringan

Bila sebelumnya ukuran printer inkjet yang cukup kecil dan menyerupai satu kardus air mineral gelas. Kali ini kita beralih ke berat yang dimilikinya. Ciri-ciri printer inkjet memiliki bobot yang tidak begitu berat. Hal ini bisa membuat printer ini sangat mudah untuk dibawa kemanapun.

Disamping ukurannya yang cukup kecil, beratnya juga bisa dikatakan ringan bila dibandingkan jenis printer lain. Hal ini pastinya sudah dipikirkan dengan matang oleh perusahaan yang memproduksi printer inkjet tersebut.

4. Tinta Sebagai Media Utama

Seperti namanya, jenis printer inkjet memakai tinta sebagai media utama dalam cetak dokumen atau dalam bentuk foto. Tinta yang dipakai bervariasi, mulai dari tinta hitam atau tinta berwarna.

Bila memakai tinta berwarna tinta yang digunakan juga berbeda. Jenis tinta yang dipakai dalam printer inkjet berbeda. Ada tiga jenis tinta diantaranya adalah pigment art ink, dye based ink dan sublimation ink.

Dye Based Ink

Jenis tinta di dye based ink banyak dipakai orang untuk printer inkjet. Hal ini karena harganya murah dan tinta ini mudah diperoleh di berbagai macam toko perlengkapan printer.

Pigment art ink

Selanjutnya pigment art ink. Sesuai namanya, tinta ini lebih tepat dipakai untuk cetak dokumen yang berupa gambar atau desain grafis. Hasilnya akan terlihat lebih tajam dan detail.

Sublimation Ink

Terakhir adalah jenis tinta sublimation ink. Ini merupakan jenis yang paling tepat dipakai untuk mencetak stiker pada gelas, mug dan berbagai benda padat lainnya yang menggunakan printer inkjet

5. Memakai Cartridge

Ciri khas yang dibawa oleh printer inkjet adalah memakai cartridge untuk media penampung tinta. Semua jenis tinta menggunakan media yang sama yaitu cartridge. Cartridge yang ada pada printer inkjet mempunyai perbedaan dengan printer lain.

Hal inilah yang memberikan perbedaan printer inkjet yang satu dengan yang lainnya. Jika ada masalah dengan bagian cartridge, ada dua cara untuk memperbaikinya. Apa saja itu?

  • Memperbaiki cartridge sendiri
  • Mengganti dengan cartridge yang baru

Disamping memakai katrid langsung, tinta printer juga ada yang dimasukkan melalui selang infus yang berasal dari ink tank. Perbedaannya dengan cartridge langsung adalah dari sisi pengisiannya.

Bila memakai cartridge langsung, maka pengisian tinta harus memakai alat suntik untuk bisa memasukkan tinta. Sementara bila ingin menggunakan infus, isi tinta cukup dimasukkan dalam tabung yang berisi warna-warna tinta tersebut.

Bila anda mengalami masalah dalam perawatan printer inkjet atau printer inkjet anda mengalami kerusakan anda tak perlu khawatir. Sebab saat ini sudah ada tempat servis printer terbaik yang bisa anda pilih yaitu Xpresprint.

Xpresprint ahlinya service printer. Mengenali berbagai macam ciri printer yang mengalami kerusakan dan penanganan tepatnya. Termasuk ciri-ciri printer inkjet anda yang bermasalah. Kami akan memberikan pelayanan yang bagus dengan hasil yang memuaskan.