Kelebihan Jenis Printer Infus dan Cara Perwatannya

Di dalam dunia printer, tentu anda sering mendengar dengan istilah printer infus. Printer infus adalah jenis printer yang menggunakan tinta dengan tempat atau wadah menyerupai infus sehingga anda tidak perlu menyuntikkan tinta ketika tinta printer anda habis. Printer jenis ini merupakan suatu terobosan dalam mempermudah proses pengisian tinta dari suatu wadah yang disalurkan dengan menggunakan selang menuju ke salah satu bagian pada catridge. Lalu apa saja kelebihan printer infus dan cara perawatannya?

Kelebihan Printer Infus dan Cara Perawatannya

Jenis printer infus saat ini semakin dikembangkan oleh para perusahaan printer besar seperti Epson, Brother, Canon dan perusahaan printer besar lainnya. Perusahan-perusahaan tersebut semakin mempermudah pemakaian printer infus dengan menyediakan tambahan tabung infus secara langsung dari pembuatan awal di pabriknya, sehingga anda tidak perlu membuka printer serta menyuntikkan tinta ke cartridge.

Kelebihan Printer Infus

Beberapa kelebihan yang dapat anda peroleh dengan menggunakan printer infus antara lain:

Mempermudah Pengisian Tinta

Adanya kemudahan dalam proses pengisian tinta karena tabung infus tinta berada di bagian luar printer. Anda cukup mengisikan tinta melalui tabung pada tinta tabung. Hal ini dapat menghindarkan tinta agar tidak berceceran. Selain itu juga anda tidak perlu repot untuk membuka cartridge yang terdapat pada bagian dalam printer.

Hemat Penggunaan Tinta Printer

Dengan menggunakan printer infus anda akan menjadi lebih hemat dalam penggunaan tinta printer, karena pengisian tinta melalui lubang cartridge tinta sering tumpah, sedangkan dengan tabung infus kemungkinan terjadi tinta tumpah sangat kecil. Sehingga penggunaan printer infus tergolong efisien dalam pengisian tinta.

Cartridge Lebih Awet

Dengan pengisian tinta dengan cara infus anda tidak perlu membongkar atau mengutak atik cartridge sehingga keawetannya lebih terjaga.

Hemat Biaya

Penggunaan tabung tinta yang memiliki kapasitas hingga 100 ml, sehingga anda dapat mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak tanpa harus sering mengisi atau mengganti tinta.

Mudah Dalam Pengecekan Tinta

Pada umumnya tabung tinta berwarna transparan, sehingga memudahkan kita dalam memonitor sisa tinta yang terdapat di dalam tabung. Karena volume tabung yang cukup besar maka anda tidak perlu khawatir akan kehabisan tinta ketika akan mencetak dokumen dalam skala besar.

Tips Cara Merawat Printer Infus

Di bawah ini beberapa tips cara merawat printer infus agar awet dan tahan lama antara lain:

1. Sejajarkan Tabung Infus dengan Head Print

Hal ini bertujuan untuk memudahkan head print dalam menarik tinta dari tabung infus. Apabila tabung infus diletakkan berada di bawah posisi head print maka akan berpengaruh pada pengambilan tinta yang menjadi lebih susah. Atau sebaliknya, apabila tabung infus berada di atas posisi head print maka akan menyebabkan tinta dapat membanjiri cartridge dan berakibat melubernya tinta pada head print.

2. Perhatikan Status Tinta

Apabila terdapat pesan yang mengindikasikan tinta kosong, padahal sebenarnya tinta yang terdapat dalam tabung masih terisi lumayan banyak. Anda tidak perlu panik karena monitoring tinta yang terdapat pada cartridge bukan berbasis banyaknya tinta yang ada akan tetapi berbasis pada counter kertas yang di print.

3. Pemilihan Merk Tinta

Dalam penggunaan merk tinta sebaiknya anda menggunakan tinta printer dengan merk yang sama. Apabila anda sering gonta ganti merk tinta, akan mengakibatkan cartridge menjadi mudah rusak. Hal ini dikarenakan setiap merk tinta memiliki karakter dan komposisi bahan kimia yang berbeda.

4. Lakukan Cleaning Untuk Menjaga Kualitas Cetak

Sebelum melakukan cleaning, sebaiknya anda cek terlebih dahulu dengan menggunakan nozzle check apakah semua warna dapat keluar dengan baik Jika hasil yang di dapat kurang maksimal, maka anda dapat melakukan cleaning atau deep cleaning. Akan tetapi jangan terlalu sering dalam melakukan cleaning pada printer infus, karena hal ini dapat mengakibatkan penuhnya tempat penampungan tinta pembuangan pada printer.

5. Isi Ulang Tinta pada Waktu yang Tepat

Sebaiknya pengisian ulang tinta di lakukan di saat tinta yang terdapat di dalam botol tersisa 1/4 saja. Jangan menunggu tinta benar-benar habis. Pengisian dilakukan dengan membuka botol kecil dan besar kemudian masukkan tinta dari botol yang besar jangan lupa untuk menutup kedua lubang serapat mungkin.

6. Gunakan Printer Secara Rutin

Printer yang digunakan secara rutin terbukti dapat menjaga kualitas mesin printer tersebut. Hal ini dikarenakan komponen yang terdapat di dalamnya dapat terjaga dengan baik kinerjanya. Anda dapat melakukan proses print paling tidak 3 hari sekali.

7. Kunci Infus Setelah Digunakan

Setelah anda selesai menggunakan printer sebaiknya selang infus dikunci dengan benar agar tinta tidak terus menerus mengalir pada cartridge yang dapat mengakibatkan cartridge menjadi banjir oleh tinta.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan printer infus dan cara perawatannya, bagi anda yang belum memiliki printer jenis ini berkeinginan untuk memilikinya. Anda tidak perlu khawatir Xpresprint.com menyediakan berbagai jenis printer termasuk printer infus dengan beragam merk. Tidak ketinggalan juga tersedia tinta printer dengan berbagai merk sesuai dengan kebutuhan anda.