Masalah Umum Pada Printer HP Laserjet P1102 dan Solusinya

Apakah anda memiliki printer HP Laserjet P1102? Jika iya, apakah anda pernah mengalami masalah dengan penggunaan printer tersebut? Mungkin anda sedang berada dalam kondisi yang terburu-buru atau dikejar deadline dan harus mencetak dokumen dengan printer. Tapi tiba-tiba printer tidak berjalan normal.

Padahal biasanya printer yang sering anda pakai tersebut tidak pernah mengalami masalah seperti itu. Masalah yang terjadi pada printer memang kurang tepat waktunya. Jadi kita sering merasa marah saat kau jengkel.

Apa saja masalah umum yang sering dialami oleh printer dan bagaimana solusinya? Kita akan simak lebih lanjut dalam ulasan berikut ini.

Masalah Pada Printer HP Laserjet P1102

Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering terjadi dan dialami oleh printer pada umumnya. Dengan mengetahui berbagai masalah dan solusi untuk mengatasinya, maka saat anda mengalami hal itu anda tidak akan panik.

Printer HP Laserjet P1102 sebenarnya adalah printer yang memiliki kualitas bagus. Akan tetapi karena sudah sering digunakan, atau pemakaian dalam jangka waktu lama. Terkadang masalah juga bisa muncul pada printer ini. Daripada anda bingung, berikut ini beberapa masalah printer dan cara mengatasinya dengan tepat.

Lost Connection

Lost connection merupakan masalah dimana printer anda tidak dapat mengeksekusi perintah cetak. Solusi yang bisa dilakukan untuk masalah ini adalah dengan memeriksa semua kabel yang terhubung.

Anda harus pastikan bahwa kabel terhubung dengan benar. Selanjutnya anda bisa cek panel control pada menu pencetakan yang ada di komputer.  Selain itu, sebaiknya anda pastikan printer yang akan dipakai sudah terpilih menjadi default printer yang hendak mencetak.

Bila anda pakai sistem wireless dan memakai koneksi server, maka anda harus pastikan settingan anda benar. Periksa juga koneksi wireless. Apakah ada perintah cetak tertunda, bila ada sebaiknya batalkan perintah dan ulang perintah cetak.

Paper Jam

Kertas macet atau paper jam adalah masalah yang bisa terjadi pada printer.Tak terkecuali pada printer HP Laserjet P1102. Masalah ini biasanya berupa kertas nyangkut di printer kertas atau berhenti saat berada di tengah-tengah proses print.

Sebenarnya apapun masalahnya, ini semua dapat terjadi pada printer inkjet atau laserjet. Solusinya anda bisa keluarkan kertas yang ada di dalam printer. Termasuk potongan kertas yang robek. Cara ini dilakukan dengan manual dari bagian belakang printer. Lalu buka penutup printer dan tarik pelan kertas yang nyangkut.

Ada juga printer laser yang yang cukup dengan dimatikan printernya lalu dihidupkan lagi. Membaca user guide pada printer tentu akan sangat membantu. Sebab kadang penyelesaian setiap masalah pada printer tidak sama.

Agar bisa mencegah masalah kertas macet terjadi pada printer anda, sebaiknya anda pakai kualitas kertas yang lebih baik. Bila kondisi kertasnya baik dan kertas ditempatkan sesuai ukuran, maka masalah tersebut tidak terjadi.

Jangan pakai kertas yang berkerut atau bengkok. Hindari kertas yang sudah lama. Sebaiknya anda batasi tumpukan tebal kertas sesuai kapasitas printer. Lalu usahakan supaya kertas tidak terlalu menempel satu dengan yang lainnya.

Ghosting

Masalah ini ditandai dengan cetakan yang berbayang. Hal ini terjadi di sehingga membuat penglihatan anda terganggu saat melihat hasil cetakan printer tersebut. Penyebab terjadinya ghosting dikarenakan usia drum unit yang sudah saatnya diganti.

Selain itu, bisa juga karena bagian cartridge juga minta diganti. Atau seperti pada kasus tertentu. Hal ini terjadi karena power supply printer dalam kondisi yang buruk dan aliran listriknya buruk.

Setting Kertas Kurang Tepat

Biasanya masalah ini terjadi pada beberapa seri printer laser. Tidak menutup kemungkinan printer Hp Laserjet P1102 juga mengalami masalah ini. Tidak bisa mendeteksi ukuran kertas otomatis dari paper tray atau baki kertas yang ada di printer.

Dengan demikian, anda harus menset terlebih dahulu sesuai dengan ukuran kertas yang ingin dicetak. Tujuannya supaya lebih mudah untuk melakukan setting pada kertas, ukuran kertas, jenis kertas dan juga kualitas cetak yang sering digunakan. Selanjutnya save settingan supaya tidak berubah saat komputer atau printer dimatikan.

Ink Smear

Masalah ini sebenarnya hampir sama seperti ghosting. Noda tinta atau ink smear yang terjadi di hasil cetak printer itu artinya ada sesuatu yang salah dengan drum unit yang ada di printer laser.

Biasanya ini terjadi pada bagian fuser, tetapi untuk printer inkjet dapat berasal dari tumpahan tinta yang ada di dalam printer. Anda bisa mencoba untuk mencetak 15 hingga 20 halaman pertama. Untuk melihat apakah noda tinta kecil tersebut hilang sendiri, berhenti sendiri atau tidak.

Service Printer Solusi Masalah Anda

Bila anda mengalami masalah printer yang belum bisa diselesaikan sendiri, maka anda bisa membawanya ke Xpresprint. Sebab Xpresprint sudah terpercaya menjadi penyedia jasa service printer yang berkualitas. Dengan demikian, masalah printer HP Laserjet P1102 bisa diatasi dengan mudah.