Mengenal Jenis-Jenis Cartridge Printer

Cartridge printer merupakan pencetak yang biasanya difungsikan sebagai alat cetak gambar, cetak spanduk, cetak plat dan sebagainya. Saat ini di pasaran telah ada varietas printer yaitu printer tinta dan cartridge yang melayani kebutuhan printing pelanggan. Cartridge printer begitu penting mengingat kebutuhan printer secara luas digunakan dalam setiap bidang. Pada umumnya hampir semua orang mencoba menggunakan cartridge printer murah untuk tujuan komersial mereka.

Unit terinstal ke printer kompatibel. Akan tetapi pengguna perlu mengubah cartridge setiap kali tinta printer di dalamnya terbiasa. Cartridge pada dasarnya terdiri dari tinta printer pada porsi kepala yang digunakan untuk dicetak oleh kertas. Cartridge memiliki beberapa partisi seperti wadah tinta yang berinteraksi dengan printer yang kompatibel. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak jenis-jenis cartridge printer berikut ini.

Mengenal Jenis-Jenis Cartridge Printer

Jenis-Jenis Cartridge Printer

Penggolongan jenis cartridge printer dilihat dari manufakturnya :

1. OEM Cartridge (Cartridge Original).

Cartridge jenis ini dikeluarkan dan distribusikan langsung oleh manufaktur dari Engine Printer. Ciri khas yang melekat pada cartridge original adalah bersegel resmi manufaktur. Harga cartridge original stabil, harga cartridge original biasanya berkisar antara 0.25 s/d 0.2 dari harga printer barunya. Secara umum kualitas cartridge original stabil.

2. Compatible New Cartridge.

Cartridge jenis ini diproduksi oleh manufaktur pihak ketiga terlepas dari industri OEM. Dari fisiknya, tidak begitu nampak perbedaannya. Sedangkan dari fungsi dan fitur hampir sama dengan cartridge original, namun ada beberapa fitur yang sedikit berbeda dengan OEM terutama pada cartridge yang menggunakan teknologi smart chip. Pada intinya, semakin bagus manufaktur dari cartridge kompatible tersebut maka akan semakin mempengaruhi prosentase kesamaan dengan OEMnya.

Penggolongan jenis cartridge printer dilihat dari jenis peluru :

1. Asli Tinta Kartrid

Asli cartridge printer adalah cartridge printer yang memiliki merek perusahaan yang melekat pada mereka. Jenis peluru yang dihasilkan oleh produsen printer dan biasanya mahal.

2. Remanufactured Tinta Kartrid

Remanufactured kartrid adalah cartridge printer yang dibuat dari diperbarui tinta kartrid. Ini murah jika dibandingkan dengan jenis lain dari peluru.

3. Kompatibel Tinta Kartrid

Kartrid tinta kompatibel adalah jenis cartridge printer kompatibel dengan semua model tersedia printer di pasar. Tapi cartridge ini dibuat dari vendor pihak ketiga. Kartrid tinta kompatibel disukai oleh bisnis skala besar untuk kompatibilitas dan aspek biaya efektif.

Penggolongan jenis cartridge printer dilihat dari prosesnya cartridge eks original (recycle) :

1. Remanufaktur Cartridge

Cartridge remanufaktur adalah proses daur ulang dari cartridge original dengan adanya penggantian beberapa sparepart cartridge. Pihak manufaktur menggalakkan program recycle untuk cartridge karena adanya dorongan dari protokol kyoto tentang isu global warming. Yaitu dengan mengembalikan/membawa cartridge lama yang telah habis digunakan. Lalu akan dihargai dengan nilai tertentu dan pelanggan akan diberikan ganti cartridge baru dengan tambahan biaya relatif lebih murah tanpa membawa cartridge bekasnya.

2. Recondition Cartridge

Cartridge rekondisi merupakan proses recycle dari cartridge Original (OEM) tanpa adanya penggantian sparepart. Akan tetapi ada beberapa proses cleaning untuk mengembalikan performa sparepart original yang telah habis digunakan pada cycle sebelumnya. Secara kualitas Recondition Cartridge ini setingkat lebih bagus daripada hasil refill biasa.

3. Refill Cartridge

Cartridge Refill yaitu proses daur ulang dari cartridge original (OEM) tanpa ada penggantian sparepart dan tanpa ada proses cleaning sparepart. Akan tetapi hanya sekedar mengisi ulang bahan baku cetak yang telah habis digunakan pada cycle sebelumnya. Proses pengerjaan sangat cepat, akan tetapi kualitas jenis aksesoris printer ini sering terabaikan.