Panduan Cara Cleaning Printer yang Baik dan Benar

Orang-orang yang bekerja di kantor hampir selalu menghadapi masalah yang terjadi pada printer saat berurusan dengan cetak dokumen. Terkadang saat hasil print memiliki kualitas kurang bagus, dokumen yang dibuat tidak bisa terbaca. Oleh sebab itu, anda harus tahu bagaimana cara cleaning printer yang benar.

Saat dokumen tidak dapat dibaca, informasi yang ingin disampaikan lewat dokumen tersebut juga samar. Disamping tinta habis atau kerusakan pada bagian hardware, bisa juga printer perlu cleaning agar hasil cetakannya lebih bagus.

Tetapi nyatanya tidak semua orang tahu bagaimana melakukan cleaning pada printer dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, anda bisa membaca ulasan yang akan disampaikan kali ini tentang cleaning pada berbagai jenis printer.

Cara Cleaning Printer

Berbagai macam jenis printer memang banyak beredar di pasaran. Seperti printer Canon, Epson, HP dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebenarnya untuk melakukan cleaning pada printer tidak sulit dan ini harus anda ketahui dan dipelajari dengan benar.

Apalagi bila anda punya printer sendiri di rumah. Sebab cleaning menjadi salah satu cara untuk merawat printer dengan baik. Bila anda belum tahu bagaimana cara cleaning printer, maka anda bisa simak penjelasannya sekarang.

Cleaning Printer Canon

Agar bisa melakukan head cleaning, tentunya printer dan juga komputer telah terkoneksi dengan baik. Jika belum, anda bisa menginstal printer terlebih dahulu. Klik kanan di bagian tombol Start, kemudian pilih Setting.

Nantinya akan muncul jendela baru dan disana terdapat berbagai menu pengaturan. Bila anda pengguna Windows 8 atau versi dibawahnya, cara untuk membuka menu pengaturan sedikit berbeda. Menu ini lebih familiar ditampilkan dalam bentuk Control Panel. Tetapi untuk Windows 10 menu, pengaturan ditampilkan pada Windows Setting.

Selanjutnya anda klik menu Device dan pilih menu printers and scanners. Langkah berikutnya klik tipe printer yang ingin dibersihkan. Pastikan device online. jika masih offline periksa mungkin power printernya belum dinyalakan. Atau kabel USB pada printer belum tersambung dengan PC.

Klik Manage untuk membuka menu Printer Properties. Lalu pilih Printer Properties dan muncul jendela baru yang menghadirkan berbagai menu. Seperti sharing, generall, maintenance, port, dan lain sebagainya.

Lalu pilih menu Maintenance dan pilih jenis pembersihan yang diinginkan.Klik Cleaning agar bisa menghilangkan noda dan garis dalam hasil cetakan. Klik Deep Cleaning bila ingin melancarkan mulut semprot tinta bila tidak bisa dibersihkan dengan melakukan pembersihan biasa.

Sementara dalam memperbaiki pengaturan cartridge, anda bisa memilih menu lain sesuai kebutuhan. Klik OK dan pilih Print Check Pattern agar bisa melihat hasil pembersihan yang telah diproses. Sampai disini pembersihan sudah selesai.

Tutorial dan Cara Cleaning Printer Epson

Sebelum anda melakukan cleaning pada printer Epson anda perlu memperhatikan berbagai hal penting ini.

Anda harus perhatikan bahwa printer sudah terinstall dengan di PC. Sebab bila belum, printer tidak terdeteksi di PC.

Anda juga harus pastikan bahwa kabel USB printer tersambung ke PC dan dalam kondisi ON. Anda siapkan kertas agar bisa melakukan test pada printer sesudah cleaning selesai dilakukan.

Pertama buka New Document pada Ms Word lalu ketikan apa saja yang ada di halaman kosong atau biarkan kosong begitu saja. Lalu klik menu file dan pilih Print. Klik Printer Properties di bawah nama printer di jendela Print.

Lalu muncul jendela baru yang memberikan menu Main, More Option dan Maintenance. Klik Maintenance dan pilih Head Cleaning. Tunggu beberapa saat sampai muncul jendela baru yang meminta anda klik Start. Lalu klik Start di jendela tersebut untuk mulai menjalankan proses Cleaning pada printer.

Pilih Print Nozzle Check Pattern jika proses pembersihan sudah selesai. Dalam hal ini, pembersihan sekitar 2 hingga 5 menit. Bila hasilnya belum bagus, ulangi proses Head Cleaning dan coba menu Nozzle Check untuk memastikan masalah yang ada pada cartridge. Jika hasilnya sudah bagus anda tinggal klik Finish untuk mengakhiri proses cleaning.

Melakukan Service Printer

Bila proses cleaning pada printer yang sudah anda lakukan tidak berhasil dan terjadi masalah lain, maka anda bisa membawanya ke tempat service printer yang terpercaya. Di sini tersedia Xpresprint yang siap membantu anda untuk mengatasi masalah printer yang sedang anda alami.

Xpresprint akan menyelesaikan masalah printer anda sehingga printer anda bisa digunakan kembali seperti semula. Bukan hanya bisa melakukan service pada printer saja, tetapi ekspresi juga memberikan jasa sewa printer dan menyediakan berbagai perlengkapan printer dengan lengkap dan produknya berkualitas.

Cara cleaning printer akan bisa dilakukan dengan mudah oleh Xpresprint. Sebab kami memiliki tim yang handal dan profesional. Sehingga printer anda akan terbebas dari masalah yang menunda pekerjaan anda.