Pengenalan Parameter Kritis Pada Printer Bubble Jet

Printer bubble jet adalah salah satu jenis printer yang memiliki kecepatan handal saat mencetak. Printer bubble jet ini bekerja mencetak tulisan dengan cara memasukkan satu demi satu titik tinta cair ke media. Printer bubble jet merupakan produk dari Canon. Printer bubble jet memiliki kecepatan cetak 22 ppm (paper per menit) untuk monochrome dan 14 ppm untuk pencetakn warna. Kecepatan cetak printer bubble jet pun mencapai 4.800X1.200 dpi (dot per inchi). Keunggulan lain dari printer bubble jet adalah dapat mencetak dengan ukuran A3+.

Dengan resolusi yang tinggi, printer bubble jet mampu memberikan hasil cetakan yang lebih detail lembut. Harga cetak printer bubble jet per kertas juga terbilang lebih murah dibandingkan printer teknologi tinggi seperti printer laser jet, thermal wax, dan dye sublimations. Bahkan untuk beberapa jenis printer bubble jet, cartridgenya dapat diisi ulang. Satu printer bubble jet ini terdapat dua cartridge yaitu warna dan hitam, pengguna pun dapat memilih mau mencetak warna atau hitam.

Pengenalan Parameter Kritis Pada Printer Bubble Jet

Parameter Kritis Printer Bubble Jet

1. Kepala Printer

Kepala printer digunakan untuk meletakkan cartridge yang terdiri dari beragam jenis pipa semprot. Pipa semprot tersebut digunakan untuk menyemprotkan tinta. Kepala printer disematkan PCB yang terhubung dengan microchip pada cartridge. Microchip tersebut berada di bagian samping dan berfungsi untuk menghindari konslet jika terjadi kebocoran tinta.

2. Cartridges

Cartridges berfungsi sebagai tempat tinta. Cartridges memiliki dua model yaitu cartridge warna dan hitam. Berbeda dengan cartridge hitam yang hanya diisi tinta hitam, cartridge warna dapat diisi dengan tiga warna yaitu merah, hijau, dan biru. Pada cartridge tersemat microchip yang mengendalikan keluarnya tinta.

3. Stepper Motor Kepala Printer

Stepper motor kepala printer berfungsi untuk menggerakan kepala printer yang terdapat cartridge ke arah kiri dan kanan seiring dengan lewatnya kertas.

4. Belt dan Stabilizer Bar

Belt digunakan untuk menghubungkan rangkaian kepala printer dengan stepper motor. Stabilizer bar disematkan pada rangkaian kepala printer untuk meyakinkan bahwa pergerakan di dalam printer bubble jet terkendali.

Komponen Printer Bubble Jet

1. Rangkaian Penggerak Kertas

Rangkaian penggerak kertas terdiri dari paper tray yang digunakan untuk menerima kertas yang dimasukkan, rollers yang digunakan untuk menggerakan kertas yang sudah dicetak agar keluar dari printer, stepper penggerak kertas untuk menarik kertas dan menggerakan kertas keluar yang kemudian dilanjutkan dengan roller dan memasukan lagi kertas, interface port untuk menyambungkan printer dengan sumber arus dan komputer. Sebagian printer port untuk menghubungkan printer dengan komputer menggunakan USB tipe B, control circuitry untuk mengontrol semua operasi aspek mekanik, dan untuk menerima informasi yang diberikan oleh komputer.

2. Sensor, Pengendalian, dan Aktuator

Sensor pada printer bubble jet adalah PCB yang berfungsi untuk menerima perintah. Pengendali terdiri dari pengendali percakapan, pengendali bahasa, dan pengendali halaman. Aktuator atau penggeraknya adalah stepper. Ada dua stepper yaitu stepper penggerak kepala printer dan stepper penggerak kertas. Bukan hanya itu saja, printer bubble jet juga dilengkapi dengan input dan output, dan bagian mekanik. Bagian mekanik printer bubble jet berupa roller yang berputar untuk menggerakan kertas, belt yang menggerakan kepala printer, serta penyemprot tinta pada cartridge.

Demikianlah ulasan terupdate mengenai pengenalan parameter kritis pada printer bubble jet selengkapnya untuk anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi review printer seputar jenis ataupun aksesoris printer terpopuler.