Pengertian dan Cara Kerja Printer Ink Jet

Printer atau yang sering dikenal dengan sebutan pencetak adalah sebuah hardware yang terhubung ke komputer untuk mencetak suatu data baik itu gambar, tulisan dan lain-lain. Printer adalah perangkat yang ditemukan oleh Charles Babbage. Sekarang ini, printer dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu printer Dot Matrix, printer Ink Jet, dan printer Laser Jet.

Jenis printer Ink Jet adalah jenis printer yang paling umum ditemui saat ini. Secara umum, printer dilengkapi dengan bagian-bagian pokok seperti picker (penggetil) yang digunakan untuk mengambil kertas dari baki (tray), Tray (baki) sebagai tempat kertas diletakan, toner (tinta), dan juga rol (penarik kertas). Info lebih jelasnya, langsung simak saja review printer Ink Jet berikut ini.

Pengertian dan Cara Kerja Printer Ink Jet

Review Printer Ink Jet

Printer Ink Jet adalah sebuah printer yang menggunakan tinta untuk mencetak. Ink Jet ini mampu mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik. Printer Ink Jet paling banyak digunakan pada saat ini. Printer Ink Jet memiliki resolusi sebesar 5760×1440 dpi. Printer jenis Ink Jet ini memiliki teknologi dor on demand. Teknologi dor on demand ini bekerja dengan cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.

Printer Ink Jet memiliki beberapa keunggulan diantaranya kualitas cetak foto yang tinggi, jika menggunakan kertas foto khusus dan kecepatan tinggi untuk pekerjaan ringan. Harga printer Ink Jet ini terbilang cukup murah. Printer Ink Jet ini dapat mencetak langsung dari kamera digital atau media card tergantung type dari printer tersebut. Sedangkan printer Ink Jet ini memiliki kekurangan diantaranya yaitu printer Ink Jet tercepat pun tidak bisa menandingi printer Laser Jet paling lambat. Cartridge tinta pada printer Ink Jet relatif kecil sehingga harus sering ganti. Harga cetak perhalaman lebih tinggi printer Ink Jet dibanding dengan printer Laser. Tinta printer Ink Jet bisa luntur saat belum kering atau terkena cairan.

Cara Kerja Printer Ink Jet

1. Tahap Persiapan

Tahap persiapan dimulai saat printer Ink Jet dihubungkan dengan sumber arus dan komputer melalui interface port dan kertas diletakan pada peper tray.

2. Tahap Pengaturan

Printer Ink Jet dibekali kualitas cetak berupa pilihan high, standart, ekonomi atau costum. Sedangakan warna yang digunakan dapat berbagai warna atau hitam saja. Pengguna juga dapat mengatur ukuran serta posisi kertas.

3. Tahap Mencetak

Setelah pengguna selesai dengan pengaturannya, komputer akan mengirimkan data ke printer melalui kabel USB dalam bentuk bilangan biner yang akan diterima komputer melalui port USB dan dilanjutkan ke PCB yang ada di printer. PCB akan menerima semua informasi dari komputer dan mengatur pergerakan printer. PCB mengirim perintah ke stepper penggerak kertas dan stepper penggerak kepala printer.

Lalu stepper penggerak kertas menarik kertas dengan memutar roller dan stepper kepala printer menggerakan kepala printer ke kanan dan kiri dengan bantuan belt. Dengan begitu, cartridge mengeluarkan tinta dan dicetakan pada kertas dengan bantuan PCB yang ada di kepala printer dan terhubung dengan microchip pada cartridge bilangan biner dari komputer dapat tercetak menjadi huruf.

4. Tahap Finishing

Kertas yang sudah dicetak akan dikeluarkan dengan bantuan roller dan kemudian akan diterima oleh papper tray.

Itulah ulasan terupdate mengenai pengertian dan cara kerja printer Ink Jet selengkapnya untuk anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi review printer seputar aksesoris printer terpopuler.