Pengertian dan Fungsi Printer Desk Jet

Secara umum, printer desk jet hampir sama dengan printer ink jet. Printer ink jet dan desk jet merupakan printer dengan basis tinta, sistem kerja printer ink jet ini dengan disemprotkan oleh kepala cetak. Perbedaan keduanya terletak dari cara cleaning printer. Perbedaan tersebut akan tampak pada saat pemasangan infus. Printer desk jet akan mengisap tinta hanya pada saat mencetak, sedangkan printer ink jet cleaning proses aliran tinta akan lebih deras.

Printer desk jet memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar. Kemampuan tersebut didukung kualitas yang sangat baik. Teknologi printer desk jet ini lumayan bisa diandalkan, tinta tersebut disimpan didalam catridge. Resolusi printer desk jet mencapai 5760×1440 dpi. Untuk mengetahui info lebih lengkapnya, simak saja pengertian dan fungsi printer desk jet berikut ini.

Pengertian dan Fungsi Printer Desk Jet

Pengertian Printer Desk Jet

Printer desk jet adalah jenis printer yang mencetak dengan cara memasukkan satu demi satu titik warna ke area gambar. Cara inilah yang membuat hasil yang diperoleh dari printer desk jet sangat baik. Namun, cara ini juga memiliki kelemahan yaitu waktu pencetakan menjadi lebih panjang. Printer desk jet warna memiliki dukungan resolusi warna yang maksimal, yakni 4.800 x 1.200 titik per inci.

Biaya yang dibebankan yaitu per halamannya. Biaya tinta pada printer desk jet mempunyai efek paling besar pada biaya keseluruhan printer desk jet. Penjual biasanya menjual cartridge tinta sekitar US$ 20-40 per warna (cyan, magenta, yellow) dan US$ 10-35 untuk warna hitam. Sebuah cartridge dengan harga murah, memiliki sedikit volume tinta. Satu cartridge printer desk jet bisa mencetak hingga 300-800 halaman.

Dpi dan ppm printer desk jet lebih tinggi dari pada printer dot matrik. Printer desk jet lebih mudah mencetak gambar dan warna. Kemampuan mencetak printer desk jet sampai kertas yang lebar dengan kualitas yang baik. Akan tetapi, printer desk jet tidak dapat mencetak rangkap. Biaya operasional printer desk jet juga terbilang relatif lebih mahal dari jenis printer lainnya. Waktu mencetak dengan printer desk jet menjadi lebih panjang.

Fungsi Printer Desk Jet

Printer desk jet berfungsi untuk menampilkan interpretation dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer desk jet biasanya terbagi atas beberapa bagian, seperti picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray adalah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya. Perbedaan antara toner dan tinta adalah perbedaan sistem. Toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau ink jet tak butuh pemanasan, hanya cleaning pada print-head printer tersebut.

Printer desk jet berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer desk jet ataupun jenis printer lainnya disebut dpi (dot per inch) yang berarti banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusi pada printer tersebut maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusi printer tersebut rendah maka hasil cetakan akan tidak bagus. Awalnya, teknik cetak mencetak telah dilaksanakan secara sederhana di Cina sejak abad ke-14.

Itulah ulasan terupdate mengenai pengertian dan fungsi printer desk jet selengkapnya untuk anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi review printer seputar jenis maupun aksesoris printer terpopuler.