Perbedaan Fungsi Printer dan Scanner

Printer merupakan perangkat eksternal yang berfungsi untuk mengambil data komputer dan menghasilkan hard copy dari data tersebut. Printer dapat diartikan sebagai perangkat elektromekanis yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke bentuk fisik. Printer adalah perangkat tambahan eksternal (external peripheral devices) yang terhubung dengan PC melalui kabel atau nirkabel untuk menerima input data dan mencetaknya pada kertas. Persamaan printer dan scanner dapat dilihat dari manfaat yang diberikan. Printer dan scanner dapat memudahkan kita dalam bekerja.

Scan dapat diartikan sebagai suatu proses input berupa image ke dalam suatu komputer dengan menggunakan alat yang disebut dengan Scanner Image. Sementara scanner adalah alat elektronik yang berfungsi untuk memasukan data berupa image dan diproses melalui komputer. Hasil scanner ditampilkan pada layar monitor komputer kemudian diproses secara manual di dalam komputer. Data yang diambil dengan scanner bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Untuk mengetahui perbedaan keduanya, simak saja perbedaan printer dan scanner berikut ini.

Perbedaan Fungsi Printer dan Scanner

Perbedaan Printer dan Scanner

Secara umum, printer dikategorikan ke dalam dua jenis, yaitu printer impact dan printer non-impact. Printer impact adalah jenis printer yang digunakan untuk membuat surat. Contoh printer impact yaitu printer daisy wheel dan printer dot matrix. Sedangkan printer non-impact adalah printer yang tidak bekerja dengan pita tinta. Contoh printer non-impact yaitu printer inkjet dan printer laser. Berbagai jenis printer yang beredar saat ini yaitu printer dot matrix, printer thermal, printer inkjet, printer laser dan LED, printer 3D, dan juga printer All In One atau printer multifungsi (MFP). Semua jenis printer tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Untuk mengetahuinya, anda bisa membacanya di keunggulan dan kelemahan kinerja jenis printer. Sedangkan cara kerjanya, setiap jenis printer memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Cara kerja printer dot matrix akan berbeda dengan cara kerja printer laser.

Jenis-jenis scanner kini banyak beredar di pasaran. Scanner tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat pemindai, namun telah hadir scanner multi fungsi yang dapat berfungsi sebagai printer, copy dan fax. Kegunaan scanner secara umum yaitu sebagai perangkat yang berkerja dengan memindahkan sebuah data atau beberapa objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam memori penyimpanan komputer. Hal ini berarti, jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, maka data tersebut akan di pindahkan ke dalam komputer dengan secara keseluruhan.

Ketika anda menekan tombol mouse untuk memulai scanning akan menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning yang menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning. Nyala lampu pada scanner bertanda bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan. Lampu mati berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor. Apabila hasil ingin dirubah, anda dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada.

Itulah ulasan terupdate mengenai perbedaan fungsi printer dan scanner selengkapnya untuk anda. Selain ulasan ini, anda sebaiknya juga menyimak berbagai jenis cartridge printer. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi review printer dan scanner seputar jenis maupun cara kerjanya.