Spesifikasi dan Keunggulan Printer Inkjet

Pada dasarnya printer adalah sebuah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer atau laptop yang kemudian digunakan untuk mencetak sebuah file baik berupa gambar maupun tulisan. Bagi mereka yang kini tengah bergelut atau menekuni pekerjaan di bidang percetakan tentu telah menjadi sebuah kewajiban untuk mengetahui dan memahami tentang pengertian, jenis, dan fungsi printer. Semakin berkembangnya teknologi, jenis printer dan fungsinya turut berkembang guna memenuhi setiap kebutuhan untuk mempermudah pekerjaan.

pcmag.com

Spesifikasi dan Keunggulan Printer Inkjet

Salah satu jenis printer yang dapat kita temui di pasaran adalah printer jenis inkjet. Berikut adalah spesifikasi dan keunggulan dari printer inkjet.

Spesifikasi Printer Inkjet

Printer inkjet memiliki pola kinerja dengan membentuk pola karakter atau grafik. Proses pembentukan pola karakter atau grafik ini dengan menggunakan kepala cetak yang berisikan penyedot kecil atau nozzle. Kemudian nozzle ini akan menyemprotkan tinta ke kertas yang berguna untuk mencetak file diatas kertas sesuai karakter yang anda inginkan. Printer inkjet ini merupakan jenis printer yang modern.

Ketika anda menggunakan printer inkjet maka untuk hasil cetak file yang baik, maka penggunaan tinta yang disemprotkan harus diarahkan dengan tepat pada bidang sasaran yang menggunakan satu atau lebih electronic deflector dalam mengatur posisi horizontal dan vertikal dari tinta yang telah disemprotkan. Dalam proses pengaliran tinta ini harus dilakukan secara berkala dan continue. Hal ini dilakukan karena apabila tidak dilakukan secara berkala dan continue, maka tinta tidak akan keluar dan akan dikembalikan pada kepala cetak.

Keunggulan Printer Inkjet

Dalam perawatannya printer inkjet ini lebih mudah untuk dibersihkan. Harga tinta pada printer inkjet ini lebih murah. Dalam proses pencetakannya lebih cepat. Printer inkjet memberikan jaminan mampu memberikan kualitas hasil cetakan yang cukup baik. Hal ini dikarenakan karakter yang dibentuk printer inkjet merupakan hasil dari puluhan titik-titik tinta yang kecil. Bahkan printer inkjet jenis ini memiliki kemampuan dalam mencetak gambar melalui beberapa kombinasi warna dengan menggnakan nozzle yang terpisah.

Contoh Merk Printer Inkjet

Printer inkjet merupakan jenis printer yang cukup populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hampir seluruh warnet di Indonesia menggunakan printer jenis ini karena memiliki biaya yang cenderung lebih murah. Contoh merek printer inkjet yang paling sering digunakan adalah Canon MP258, Epson L200, dan HP F2476.

Melalui penjelasan spesifikasi dan keunggulan printer inkjet di atas, pastinya printer jenis ini direkomendasikan untuk anda dalam membantu pekerjaan maupun tugas sekolah anda. Jika anda tertarik untuk memiliki printer inkjet ini dengan berbagai merk terkenal, maka Xpresprint dapat membantu anda. Xpresprint menerima layanan seperti refill toner atau tinta, sewa printer, service printer, dan penjualan printer. Jika anda ingin membeli printer inkjet, maka beli saja di Xpresprint.

Anda ingin sewa printer inkjet, dapat dilakukan juga di Xpresprint. Anda sudah memiliki printer inkjet, dan ingin melakukan pengisian tinta, Xpresprint dapat menjadi pilihan pengisian tinta printer anda. Jenis merek printer yang ada di Xpresprint ada Brother, Canon, Epson, HP, Samsung, Lexmark, Xerok dan merk printer lainnya. Anda dapat menentukan merk printer inkjet anda di Xpresprint. Segera percayakan kebutuhan printer anda dengan Xpresprint.