Spesifikasi Dan Keunggulan Printer Type HP LaserJet CP5225

Printer merupakan satu hal yang sangat penting untuk kalangan pelajar karena hampir seluruh tugas dicetak dengan tulisan printer. Dengan adanya printer di rumah, kita tidak akan kesulitan untuk pergi ke percetakan ataupun ke warnet hanya untuk mencetak atau print out tugas sekolah atau kuliah. Oleh karena itu sekarang ini printer telah menjadi bagian kebutuhan atau pelengkap utama komputer di rumah terutama untuk kalangan pelajar sekolah maupun kuliah. Printer merupakan perangkat elektronik yang dihubungkan ke komputer atau laptop yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang berupa teks maupun gambar. Seperti halnya membeli laptop ataubarang elektronik lain, dalam membeli printer membutuhkan tips memilih printer yang benar. Hal ini dikarenakan banyaknya merk-merk printer dengan menawarkan spesifikasi beragam yang terkadang membuat kebanyakan orang bingung dalam memilih. Printer juga termasuk ke dalam perangkat yang membutuhkan perawatan khusus agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Printer dengan harga terjangkau dapat menjadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan perangkat ini.

spesifikasi-dan-keunggulan-printer-type-hp-laserjet-cp5225

Dan salah satu printer yang harganya bisa dibilang cukup murah adalah printer HP. Printer HP memang harganya dibawah Canon dan juga Epson, namun kualitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Hasil dari printer HP juga bagus dan tidak kalah dengan merk lainnya. HP merupakan merk yang mengusung tablet, laptop, dan juga printer. Sejumlah seri printer sudah beredar di pasaran Indonesia dengan harga yang beragam yang bisa disesuaikan dengan budget masyarakat. Printer HP terkenal dengan desain tampilan yang bagus dan juga kualitas yang bisa diandalkan. Merk printer HP mengeluarkan beberapa jenis printer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Merk ini tidak kalah dengan kedua nama besar di atas yakni Canon dan Epson. bagi anda yang ingin mencari printer, printer HP bisa menjadi pilihan karena dengan harga yang cukup murah sudah bisa memiliki printer dengan kualitas yang cukup bagus.

Deskripsi Printer Type HP LaserJet CP5225

Printer Laserjet merupakan printer yang menggunakan tinta serbuk sebagai tintanya sehingga printer ini hampir sama dengan mesin foto copy. Printer ini mempunyai kecepatan cetak yang lebih cepat dibandingkan printer yang lain. akan tetapi printer jenis ini hanya mampu mencetak satu warna saja. Printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

HP telah akrab di telinga kita sebagai produsen perangkat elektronik berkualitas. Salah satu di antara perangkat yang dihasilkannya adalah printer laser HP LaserJet CP5225 yang merupakan printer hitam putih dan berwarna. LaserJet CP5225 mampu mencetak 20 lembar kertas dalam setiap satu menit. Sedangkan dalam satu bulan printer ini mampu mencetak hingga 75 ribu lembar. Meski demikian, disarankan agar Anda menggunakannya untuk mencetak hingga 5000 lembar saja per bulannya. Dengan prosesor berkecepatan 540 MHz dan kompatibel dengan Windows 7, 8 dan 10, Anda dapat menggunakan perangkat ini mencetak dari flash disk maupun CD tanpa menghubungkannya terlebih dahulu dengan PC Anda.

keunggulan-printer-type-hp-laserjet-cp5225

Keunggulan Printer Type HP LaserJet CP5225

Cartridge HP Color LaserJet CP5225 ini berisi tinta berwarna Magenta yang tidak mudah pudar dan tahan noda. Dirancang sebagai partner kerja cartridge tinta hitam Anda, cartridge tinta warna ini tetap bisa mencetak meski jumlah tinta tinggal sedikit. Dapatkan hasil cetak yang memuaskan dengan kecepatan tinggi dari cartridge HP Color LaserJet CP5225. Anda akan mudah untuk mencetak dokumen berwarna dan surat-surat dengan kualitas yang baik. Cartridge tinta HP Color LaserJet CP5225 dirancang untuk memberikan kenyamanan yang konsisten serta kinerja yang handal. Cartridge tinta ini mampu memberikan hasil cetak berkualitas laser hingga 3000 halaman.

LaserJet CP5225 dapat mencetak di atas kertas A3, A4, A5, A6, B4, B5 dan amplop. Jenis media yang cocok untuk LaserJet CP5225 adalah kertas boasa, kertas berwarna, kertas daur ulang, kertas foto, kertas glossy, lembar transparan maupun brosur. LaserJet CP5225 memiliki dimensi 545 x 99 x 338 mm dengan berat sekitar 40 kg. Perangkat ini membutuhkan daya sebesar 40 watt untuk menyala secara aktif. Sangat meringankan Anda yang boros dalam penggunaan listrik untuk keperluan sehari-hari. LaserJet CP5225 akan bekerja dengan efektif jika diletakkan dalam ruangan bersuhu 30 derajat C. Anda akan mendapat garansi selama 1 tahun jika membeli LaserJet CP5225 dalam kondisi baru.

HP Laserjet Color CP5225 ditujukan pada usaha skala kecil yang perlu melakukan cukup banyak pencetakan warna ukuran A3, apakah itu untuk presentasi dan materi pemasaran atau poster dan foto untuk tujuan periklanan. HP Laserjet Color CP5225n juga di desain untuk kelompok kerja skala kecil terdiri dari 3-15 pengguna dengan Network. Seperti kebanyakan printer Heavy Duty lainnya, Printer ini cukup berat sekitar 45 kg dengan dimensi  545 x 599 x 338 mm. Ditata dalam warna hitam dan cream, HP Laserjet CP5225n cocok dan nyaman digunakan pada lingkungan pekerjaan tugas mencetak di kantor.

Panel kontrol di bagian depan: 2 Baris dengan 16-karakter backlit panel depan, lima tombol menu (Batal, Panah kiri, panah kanan, Pilih, Kembali) dan dua LED. Ada juga indikator untuk penggunaan toner. Di bagian samping ada paper Tray yang menampung 100 lembar atau dua puluh amplop dan di bagian bawah terdapat baki kertas yang mampu menampung 250 lembar kertas ukuran A4. Tambahan opsional Baki Kertas kedua ukuran 500 lembar dapat ditambahkan. Printer HP Laserjet Color CP5225 hadir dalam tiga versi, dengan kemampuan jaringan pada CP5225n, CP5225dn dilengkapi tambahan Duplex dan koneksi USB 2.0 dan CP5225xh dengan tambahan Input Tray dan HDD. Memori 192MB minimum dapat ditingkatkan menjadi 448MB, prosesor 540MHz, bertujuan untuk memberikan kecepatan cetak printer.

Kecepatan cetak sampai dengan 20ppm untuk ukuran A4 Dokumen teks hitam hanya bisa di capai 8ppm pada kualitas cetak normal, dengan mode cetak resolusi 600dpi kecepatan cetak meningkat hingga 18ppm. Angka ini jauh lebih cepat ketika uji coba mencetak Dokumen warna, foto-foto ukuran A4 glossy dapat dicetak cukup cepat. Hasil cetak Warna Dokumen yang variabel, Warna Solid hitam, utuh dan hasil cetak dokumen teks yang cukup mengesankan. Pengaturan mode: Vivid untuk cetak warna cenderung kemerahan dan terlihat cukup soft pada warna natural.

Prinsip Kerja Printer Laserjet

Prinsip kerja dasar dari laserjet printer adalah listrik statis. Printer laserjet memiliki komponen inti dari system ini yaitu photoreceptor yang secara umum seperti revolver drum. Drum assembly ini membuat photoconductive material yang banyak yang ditembak oleh sinar proton. Awalnya drum memberikan muatan positif total yang didapat dari kabel corona, kabel dengan aliran listrik yang mengalirinya. Pada saat drum berputar, printer akan mengeluarkan sinar laser tipis yang ditembakkan pada point yang telah ditentukan. Setelah mengeset pola, printer melapisi drum dengan toner yang bermuatan positif, yang berisi tinta hitam yang berbentuk bubuk. Sejak drum dialiri muatan listrik positif, toner melekat pada area drum yang tidak bermuatan listrik negative, tapi tidak juga menempel pada area yang bermuatan positif.

Dengan bubuhan bubuk yang sudah berpola, drum akan berputar di satu lembar kertas, yang diatur oleh sabuk yang terdapat dibawah drum tersebut. Sebelum kertas masuk keprinter, kertas tersebut diberi aliran listrik bermuatan negative yang ditransfer oleh kabel corona (roll bermuatan). Untuk menjaga agar kertas tetap menempel pada drum, kertas tersebut ditembak laser oleh detac corona wire secara terus-menerus setelah kertas tersebut mengambil bubuk tinta yang ada pada toner. Terakhir, printer laser akan melewatkan kertas pada fuser (sepasang roller yang telah dipanaskan). Pada saat kertas melewati fuser, bubuk tinta yang didapat dari toner akan melebur dengan serat yang ada dikertas. Fuser mengirim kertas ke lubang yang disiapkan untuk mengeluarkan kertas dari laser printer. Kecepatan kertas yang melewati roller membuat kertas menjadi tidak terbakar.

Beberapa Komponen Pada Printer Laser Jet

The controller

Berfungsi untuk menerima data dan tampilan agar dapat melakukan pencetakkan. Printer controller merupakan port onboard yang menghubungkan komputer anda sampai communication port seperti LPT atau USB. Di kantor, sebuah printer mungkin disambungkan ke beberapa komputer yang berbeda, sehingga pemakai bisa mencetak dokumen dari komputer mereka masing-masing. Agar komputer dan printer controller dapat berkomunikasi, maka dibutuhkan bahasa page description language yang sama.

Bahasa printer yang paling utama saat ini adalah HP(Hewlett Packard’s) printer command language (PCL) dan adobe’s Postscripts. Kedua bahasa ini mendeskripsikan halaman dalam form vector. Dengan system ini, printer dapat menerima elaborate, halaman rumit, bersama dengan sortiran dari huruf atau gambar. Di kebanyakan printer laser, controllernya menyimpan semua tugas mencetak data di memorynya sendiri. Ini mengizinkan controller menaruh pekerjaan mencetak yang berbeda ke dalam antrean, sehingga bisa bekerja sampai mereka semua selesai dalam satu waktu.

The Laser

Laser Scanning Assembly yaitu :

  • Laser
  • Kaca yang bisa digerakkan
  • Lensa

Laser membuat data dari tiny dots yang membuat teks dan gambar dengan satu garis horizontal pada waktu yang sama. Maka balok bergerak menyebrangi drum. Laser menembakkan seberkas cahaya untuk setiap dot untuk dicetak. Laser memantulkan balok dengan kaca yang bisa digerakkan yang terdapat dalam printer. Pada saat kaca bergerak laser menyinari balok sampai pada lensa.Laser assembly bergerak hanya dengan satu arah horizontal. Setelah setiap horizontal scan, printer menggerakkan photoreceptor drum naik satu derajat, maka laser assembly dapat menggambar garis berikutnya.

Beberapa laser printer menggunakan laser strip dari LED untuk menulis image halaman di dalam printer laser tunggal. Setiap posisi dot mempunyai sinar tersendiri, yang berarti printer mempunyai satu set print resolusi. System ini menghabiskan lebih sedikit waktu untuk membuat daripada laser assembly yang sebenarnya.

Toner

Salah satu bagian yang paling khusus dari laser printer adalah adalah toner yang biasa disebut dengan bubuk yang diberi aliran listrik, dengan dua komposisi utama yaitu pigmen dan plastik. Fungsi utama dari pigmen adalah untuk menyediakan warna hitam (bagi printer monokrom) yang akan dicetak ke kertas atau gambar. Pigmen dicampur ke dalam partikel plastik dan akan dilebur oleh toner ketika melewati alat penggabungan yang panas sehingga tinta melekat erat pada kertas dan tidak akan melumer bila disentuh.

Printer mengaplikasikan tonernya ke gambar eletrostatis yang berada di dalam drum yaitu dengan cara printer tersebut akan mengambil toner dari hopper dengan developer unit. Developer unit merupakan gabungan dari serpihan kecil magnet yang bermuatan negative. Serpihan ini terikat pada roller metal yang berputar, yang menggerakkan mereka sampai pada toner yang terdapat di dalam toner hopper.

Karena serpihan bermuatan negative, developer bead mengumpulkan partikel-partikel yang bermuatan positif pada waktu mereka bergerak. Roller itu kemudian menyemprotkan serpihan-serpihan magnet ke drum assembly. Kemudian drum akan menarik kertas, yang mempunyai muatan yang lebih kuat dan kemudian akan mengambil toner. Lalu kertas akan dihilangkan muatannya oleh sobekan kabel korona. Alat yang menjaga agar toner tetap pada kertas adalah toner hopper. Lalu kertas melewati alat penggabungan untuk bisa dicetak. Roller dari alat penggabungan ini dipanaskan dengan quartz tube lamps internal, maka plastik akan melebur ketika melewati toner.

Keuntungan Dari Printer Laserjet

Keuntungan yang paling besar adalah kecepatannya, presisinya, dan lebih ekonomis. Laser yang berada dalam laser printer dapat bergerak sangat cepat, maka dari itu laser printer dapat mencetak jauh lebih cepat daripada inkjet printer. Dan karena balok laser mempunyai diameter yang tidak bervariasi, maka dari itu printer ini dapat menggambar dengan lebih prisisi, tanpa memakai tinta yang berlebihan. Bubuk toner sangat murah dan dapat bertahan lama. Seiring dengan perkembangan teknologi, harga printer laser terus-menerus turun, karena bermunculan laser printer dengan teknologi yang lebih canggih. Dan perkembangan desain printer laser yang semakin bervariasi dan mungkin akan bermunculan merek-merek baru yang memproduksi printer dengan laser printing system.

permasalahan-pada-printer-laserjet

Permasalahan Pada Printer Laserjet

Printer bertipe laserjet atau toner mungkin tidak terlalu banyak digunakan oleh beberapa orang seperti mahasiswa contohnya. Untuk printer jenis ini memang di design untuk digunakan pada lingkungan dengan beban kerja yang cukup berat. Printer laserjet banyak digunakan di pabrik atau perusahaan-perusahaan besar yang memang dituntut untuk bekerja cepat. Ada beberapa permasalahan ynag terjadi ketika kita menggunakan printer laserjet, berikut permasalahan-permasalan tersebut dan cara mengatasinya:

1. Paper Jams (Kertas Terjepit)
Paper Jam adalah salah satu masalah yang memang sering terjadi di setiap printer termasuk printer jenis laserjet seperti yang sedang kita bahas saai ini. Printer mengalami paper jam bisa disebabkan karena: kotor, jenis kertas yang digunakan salah, atau roller yang menggerakan kertas rusak.

Solusi:
Jika mengalami permasalahan seperti Paper jam ini, bukalah penutup printer dan cobalah untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut dengan cara menarik kertas keluar searah dengan dengan arah keluarnya kertas. Bersihkan dan lap permukaan ban penggulung atau roller serta sisi-sisi dalam mesin dengan menggunakan kain yang lembut.

2.    Kertas hasil cetak berkerut atau keriting.
Penyebab permasalahan kertas hasil cetak berkerut atau keriting bisa jadi karena pengait pada penggulung kertas yang sudah usang/tua dan ukuran kertas yang tidak sesuai dengan pemasangan sensor batas pencetak dapat juga menjadi penyebabnya. Begitu juga kertas yang lembab atau tidak betul-betul kering dapat menjadi penyebab kertas berkerut.

Solusi:
Jika mengalami permasalahan kertas berkerut atau keriting, cobalah untuk menyesuaikan ukuran kertas dengan path pengait-penggulung dan usahakan menggunakan kertas yang mulus dan bersih.