Tips Memilih Refill Toner Printer Epson Berkualitas Agar Awet

Apakah anda merupakan pengguna printer Epson? Salah satu penyebab dari kerusakan printer yang sering terjadi adalah kesalahan memilih tinta refill. Jadi jangan sampai hal ini terjadi pada anda. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa memilih refill toner printer Epson terbaik.

Jangan sampai hanya dikarenakan anda keliru dalam memilih refill toner. Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal agar bisa memperbaiki printer yang rusak.

Bila anda adalah pengguna printer Epson, maka anda bisa mengetahui tips memilih refill toner untuk digunakan pada printer Epson yang berkualitas agar lebih awet.

Panduan Memilih Refill Toner Printer Epson

Bila saat ini anda berniat untuk mengganti tinta printer dengan merk Epson, maka tinta printer terbaik bisa anda pilih dan yang harus anda ingat jangan sembarangan menggunakan refill toner.

Sebab penggantian tinta bukan hanya berkaitan dengan bagus atau tidaknya cetakan. Tetapi juga bisa berpengaruh terhadap fungsi printer. Jika anda memilih tinta printer yang terbaik, maka fungsi printer Epson yang anda miliki tidak akan cepat rusak.

Epson merupakan salah satu merek printer yang sudah populer. Memiliki ketangguhan yang cukup bagus, meskipun memang untuk pengisian tinta nya tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih refill toner printer Epson yang berkualitas dan awet.

Cek Bahan Pembuatan Tinta dan Hindari Bahan Alkohol

Pada umumnya bahan pembuatan tinta printer adalah alkohol atau air. Tinta dengan bau alkohol cenderung akan lebih cepat membuat printer rusak. Untuk mengetahui tinta yang berkualitas bisa dilakukan dengan mengocoknya sebelum dituangkan terlebih dahulu.

Bila buihnya cepat hilang, bahkan dalam hitungan detik itu artinya tinta itu berkualitas baik. Tetapi bila busanya lama hilang, maka sebaiknya jangan dipilih. Sebab itu bukanlah tinta yang berkualitas.

Cek Tingkat Keasaman Tinta

Saat memilih refill toner anda harus mengecek seperti apa tingkat keasaman dari cairan tinta tersebut. Umumnya tingkat keasaman atau kadar pH-nya dicantumkan pada kemasan. Namun sayang hanya sedikit produsen yang mencantumkan informasi ini.

Walaupun begitu, informasi tentang tingkat keasaman cairan ternyata dapat dijadikan sebagai patokan. Tingkat keasaman di dalam refill toner terbagi dalam 3 kategori diantaranya adalah:

  • Balance

Seimbang atau balance ini merupakan tinta dengan tingkat ukuran pH antara 6,5 sampai 7,5. Tinta atau refill toner yang memiliki kadar pH seimbang, baik sekali dalam menjaga head printer supaya kondisinya lebih awet.

  • Asam

Refill toner dengan kategori asam memiliki kadar pH 3,4 sampai 4,4. Umumnya informasi tinta ini tidak ditemukan pada kemasan. Sebab fungsinya memang tidak disarankan. Kadar pH yang ada pada cairan tinta yang terlalu asam bisa merusak printer. Jadi jangan pernah gunakan tinta seperti ini, karena printer Epson anda bisa cepat rusak.

  • Basa

Refill toner dengan kategori basa, kadar pH-nya berada di antara 8 sampai 10. Tingkat keasaman ini memang masih diperbolehkan untuk digunakan saat anda mengganti tinta printer anda.

Lihat Seperti Apa Hasil Cetakannya

Apakah tinta printer bisa dicoba terlebih dahulu? Lantas bagaimana bila anda membelinya secara online? Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mencari tahu seperti apa hasil cetakannya melalui internet.

Akan lebih baik lagi bila anda bisa menemukan ahlinya atau orang yang sudah pernah memakai tinta tersebut. Jika anda membelinya di toko fisik, jangan ragu untuk tanya atau mencoba seperti apa kualitas refill toner printer Epson yang ingin dibeli.

Anda juga harus memperhatikan seperti apa kekentalan dari refill toner tersebut. Anda bisa mencari yang tidak terlalu encer namun juga yang tidak terlalu kental. Tinta yang terlalu kental kurang baik untuk print head.

Sebab saat disimpan dalam jangka waktu lama, bisa mengental seperti lendir sehingga nozzle printer atau bagian head dan selang infus bisa tersumbat. Selain itu, tingkat kekentalan yang wajar pastinya bisa membuat hasil cetakan bisa cepat kering tanpa harus meninggalkan noda.

Jangan Tergiur Harga Murah

Soal harga anda harus selalu cek kisaran harga dari refill toner tersebut. Anda harus tahu berapa harga yang dijual di pasaran. Jangan tergiur dengan harga yang sangat murah.

Sebab biasanya tinta yang memiliki kualitas rendah atau palsu memiliki harga yang sangat murah. Bisa jadi, tinta tersebut dijual dibawah 50% dibawah harga tinta original.

Membeli di Toko Resmi yang Sudah Terbukti Kualitasnya

Mencari toko resmi atau toko yang sudah punya reputasi bagus saat ingin membeli refill toner. Hal ini pastinya bertujuan untuk menghindari banyaknya tinta palsu yang beredar. Bila anda membeli secara online, anda juga harus memilih toko online yang sudah percaya.

Pilih toko online yang mempunyai ulasan yang baik. Anda bisa bertanya dengan sedetail mungkin. Dapat mencermati kemasan refill toner tersebut seperti logo, kemasan, kardus, font, warna, tulisan dan lain sebagainya.

Memang memilih refill toner printer Epson itu gampang-gampang susah. Akan tetapi, anda tak perlu khawatir. Xpresprint hadir di tengah-tengah anda sebagai solusi kebutuhan refill toner untuk printer anda. Kami siap memberikan produk dan pelayanan terbaik. Hubungi segera Xpresprint dan dapatkan kepuasan layanan dari kami.