Kegunaan Head Cleaning Pada Semua Jenis Printer

Head cleaner merupakan cairan yang digunakan ketika head printer dalam kondisi bermasalah seperti mampet atau tersumbat. Ada banyak merk head cleaner yang tersedia dipasaran. Harga head cleaner terbilang relatif murah. Kita akan melakukan proses cleaning ketika printer bekerja secara tidak maksimal, bahkan hasil print tidak sesuai dengan gambar yang sebenarnya. Proses cleaning terbagi menjadi dua yaitu cleaning dan deep cleaning.

Cleaning adalah proses pembersihan yang dilakukan untuk membersihkan head dari tinta yang menghambat jarum head printer. Hal pokok yang membedakan cleaning dengan deep cleaning adalah kadar pembersihannya. Berbeda dengan proses cleaning, deep cleaning adalah proses pembersihan dengan kadar pembersihan printer yang lebih maksimal. Untuk info lebih lengkapnya, simak saja kegunaan head cleaning pada printer berikut ini.

Kegunaan Head Cleaning Pada Semua Jenis Printer

Kegunaan Head Cleaning Printer

Head berada di bagian bawah catridge. Jenis catridge printer berfungsi sebagai peran utama dalam pencetakan. Sedangkan fungsi dan tugas head ini yaitu untuk mengeluarkan tinta menuju ke kertas untuk menjadikan sebuah hasil cetakan yang sempurna. Head cleaning dilakukan untuk membuang dan membersihkan tinta yang mengendap dan menggumpal di bagian bawah catridge sehingga proses cetak melalui catridge berjalan dengan lancar dan tinta dapat keluar secara maksimal.

Cleaning dam head cleaning memiliki perbedaan yang mencolok. Cleaning dapat diartikan sebagai proses pembersihan tinta yang lebih ringan. Proses cleaning ini disarankan untuk dilakukan sebelum menuju proses head cleaning. Sedangkan head cleaning adalah proses pembersihan yang lebih mendalam untuk melakukan pembersihan. Namun proses head cleaning ini memiliki kelemahan yaitu akan cepat menguras tinta.

Sebaiknya anda melakukan proses pembersihan baik dengan cleaning ataupun head cleaning seperlunya saja. Jika dirasa hasil cetak printer baru saja mengalami error yang berarti kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah, sebaiknya anda menggunakan proses cleaning (pembersihan biasa) dan sebaiknya hanya dilakukan pada warna tertentu. Namun jika dirasa hasil cetak sudah parah dan sudah melakukan cleaning biasa, tetapi tidak ada hasil sebaiknya anda mencoba dengan melakukan pembersihan secara deep cleaning. Sebaiknya lakukan deep cleaning setelah printer benar-benar bermasalah.

Menjalankan dan mengetahui cara menggunakan head cleaning pada printer atau mengaplikasikannya dengan baik dan benar perlu untuk dibahas. Hal ini dikarenakan, tidak selamanya printer yang digunakan dapat mencetak secara sempurna. Di saat awal pembelian, semua printer pasti akan sangat menyenangkan dengan kualitas kinerja (performa) yang baik dan fungsi yang maksimal sehingga akan membuat pengguna terlena dan terus memakainya. Pengguna akan jarang mengecek dan merawat printer yang digunakannya.

Seiring pemakaian yang terus-menerus, pengguna akan mengalami banyak masalah seperti hasil cetakan printer yang putus-putus, hingga tinta warna atau hitam tidak keluar. Saat permasalahan tersebut muncul, pasti kita akan memerlukan head cleaning ini. Namun pengguna disarankan untuk jangan terlalu sering menjalankan cleaning maupun deep cleaning. Hal ini dikarenakan akan membuat tinta cepat habis serta merusak cartridge anda. Jalankan cleaning dan deep cleaning hanya pada kondisi mendesak. Hal ini dilakukan agar kerusakan pada printer tidak semakin parah dan proses perbaikan pun akan lebih mudah.

Demikianlah ulasan terupdate mengenai kegunaan head cleaning pada semua jenis printer selengkapnya untuk anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi seputar review komponen printer beserta kegunaan ataupun fungsinya di dalam printer.