Pengertian Printer Komputer dan Fungsinya

Printer dapat diartikan sebagai peralatan output pada komputer yang dikategorikan dalam peripheral komputer. Printer digunakan sebagai alat untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer, baik berupa tulisan maupun gambar secara langsung dengan menggunakan media kertas. Printer dapat memudahkan kinerja manusia untuk mencetak data-data ke dalam bentuk hard copy. Printer terdapat beberapa jenis berdasarkan media pencetaknya, seperti printer inkjet, printer laserjet, dan printer dot matrix.

Adanya printer tersebut memiliki banyak manfaat. Printer juga telah banyak dikembangkan menjadi berfungsi ganda. Seperti misalnya, menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax). Kecanggihan printer tersebut membuat banyak orang lebih beralih menggunakannya. Untuk info lebih jelasnya, simak saja ulasan pengertian dan kegunaan mesin printer komputer berikut ini.

Pengertian Printer Komputer dan Fungsinya

Pengertian Printer Komputer

Pada umumnya, printer adalah suatu perangkat keras atau hardware yang dapat bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer. Printer komputer dapat digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer komputer juga sering digunakan untuk mencetak dokumen penting, baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan begitu, kehadiran printer komputer tersebut sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen berharga.

Pada intinya, printer komputer memiliki fungsi untuk mencetak dokumen/file dari komputer. Printer itu sendiri ditemukan oleh Charles Babbage. Printer adalah perangkat keras yang digunakan sejak abad ke-19 dan memiliki setidaknya 4 bagian penting seperti picker (penggetil) yaitu alat untuk mengambil kertas dari baki (tray), tray (baki) sebagai tempat kertas diletakan, toner (tinta) sebagai alat pencetak sebenarnya, dan juga rol (penarik kertas). Dalam perkembangan di zaman sekarang, kehidupan tak lepas dari aktivitas mencetak berkas untuk keperluan tertentu sehingga peranan dan fungsi printer sangatlah diperlukan.

Fungsi Printer Komputer

Printer komputer berfungsi sebagai alat untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Selain fungsi atau guna printer, keterangan printer juga perlu untuk diketahui. Istilah resolusi pada printer yaitu dpi atau singkatan dari dot per inch berarti banyaknya jumlah titik dalam area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi pada suatu printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan printer tersebut juga akan semakin bagus. Begitupun sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan printer pun juga tidak terlalu bagus.

Media yang digunakan untuk mencetak teks gambar maupun hasil design tidak hanya berupa kertas saja, melainkan juga dalam pembuatan sablon kaos yang tren di zaman sekarang ini menggunakan printer sebagai alternatif penyablonan system cepat. Merk printer yang banyak beredar saat ini diantaranya yaitu Canon, HP, Samsung, Brother, dan juga Epson. Printer dengan merk Epson banyak digunakan pada bisnis cetak foto. Karena printer Epson mampu menghasilkan pencetakan pada foto dengan warna yang lebih tajam dan juga halus. Printer berbeda dengan scanner, untuk lebih jelasnya anda bisa menyimaknya di perbedaan fungsi printer dan scanner.

Itulah ulasan terupdate mengenai pengertian printer komputer dan fungsinya selengkapnya untuk anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari informasi review printer komputer seputar fungsi maupun cara kerjanya.