Spesifikasi Dan Harga Printer Epson L 210 Terbaru

Harga Printer Epson L 210 – Munculnya perangkat keras bernamakan printer di dunia teknologi memang sudah menghadirkan banyak manfaat. Perangkat mesin ketik yang sejak ratusan tahun lalu hadir pun telah tersisih. Lantaran kecanggihan perangkat printer yang memiliki fungsi sebagaimana manusia-manusia dunia saat ini inginkan. Adalah mencetak suatu dokumen untuk kepentingan pribadi maupun banyak orang. Mulai dari teks, gambar, serta gabungan teks dan gambar.  Selain berfungsi untuk mencetak suatu dokumen, printer juga memiliki fungsi lain yang telah diadopsi dari teknologi lainnya. Sebut saja fungsi menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax). Pada awalnya printer hanyalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data berupa teks, gambar, serta grafik dalam lembaran kertas. Namun berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat, fungsi alat-alat lain pun bisa diadopsi.

spesifikasi-dan-harga-printer-epson-l-210

Printer adalah peralatan output pada komputer yang digolongkan dalam peripheral komputer, yang berfungsi sebagai alat untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik berupa tulisan maupun gambar secara langsung dengan menggunakan media kertas. Printer sering kita jumpai pada saat ini karena printer merupakan komponen yang sangat memudahkan kinerja manusia untuk mencetak data-data kedalam bentuk hard copy. Printer sendiri memiliki beberapa jenis berdasarkan media pencetaknya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting.

Printer Epson L 210 Review

Sebagai pekerja yang selalu bekerja di kantor dan selalu disibukkan dengan berkas berkas penting maka perlu diperhatikan sebuah alat yang bisa untuk membantu untuk menunjang pekerjaan agar mempersingkat waktu demi menyelesaikan berkas atau dokumen penting yang dilimpahkan oleh orang yang bekerja di kantoran. hal ini akan dimudahkan oleh printer Epson L 210 yang sangat cocok untuk anda, karena printer Epson L 210 ini bisa membantu mempersingkat hal pekerjaan anda. Untuk itu anda harus mengetahui harga printer Epson L 210 terbaru dan anda juga harus mengetahui spesifikasi dari printer ini. Jadi untuk anda yang sangat membutuhkan printer untuk meringankan tugas kantor anda, printer ini adalah yang paling cocok. Dengan harga printer epson L 210 terbaru anda akan terbantu dalam bekerja.

Desain Printer Epson  L210 membuat Anda dengan mudah bisa menempatkannya dimana saja karena hanya butuh sedikit ruang berkat ditunjang dengan tampilan yang minimalis, berbeda dengan printer lain yang sering menemukan kendala dengan ukuran yang lebih besar. Tidak hanya ditunjang dengan sistim pengisian tinta yang sangat mudah, Epson L210 merupakan printer yang bisa menghemat penggunaan hingga 4.000 halaman untuk tinta hitam dengan menggunakan tinta asli dari Epson hingga bisa menghemat cukup biaya. Printer ini memiliki kemampuan cetak hingga 27 ppm untuk tinta hitam dan 15 ppm untuk tinta berwarna, kesempatan mendapatkan performa dua kali lebih baik bila dibandingkan dengan printer lain. Review printer ini sangat sesuai dengan harga printer epson L 210 terbaru.

Kepala cetak Micro Piezo yang digunakan pada Epson L210 bisa menghasilkan resolusi yang tinggi sebesar 5760 x 1440 dpi agar menghasilkan kualitas cetak tinggi baik itu untuk teks maupun gambar. Epson L210 memberikan Anda kemudahan lain melalui fungsi scan dan copy. Dengan sensor 600 x 1200 dpi, hasil scan menjadi tajam dan jelas, sedangkan untuk melakukan copy dokumen hitam-putih Anda bisa melakukannya hanya dalam 5 detik dan 10 detik untuk dokumen berwarna. Untuk fungsi scan dan copy kemudahan akan Anda dapatkan bila menggunakan Epson L210, hasil scan sangat tajam dan jelas dengan sensor 600 x 1200 dpi yang ada pada printer ini. Bila digunakan untuk melakukan copy dokumen hitam-putih Anda bisa melakukannya hanya dalam 5 detik dan 10 detik untuk dokumen berwarna.

Kelebihan Printer Epson L210

Epson L210 memiliki keunggulan pada kemampuannya yang bisa untuk scan, bisa juga copy, dan juga printing. Dengan desain bentuknya yang praktis, jadi  membuat printer ini memiliki mobilitas yang tinggi serta tetap memiliki kualitas printing yang bagus.  Epson L210 memiliki keunggulan pada kemampuannya yang bisa untuk scan, bisa juga copy, dan juga printing. Dengan desain bentuknya yang praktis, jadi  membuat printer ini memiliki mobilitas yang tinggi serta tetap memiliki kualitas printing yang bagus. Kualitasnya sesuai dengan harga printer epson L 210 terbaru.

Beranjak dari pembahasan sisi bagian luar, kini kita menuju performa yang dibekalkan oleh Epson pada printer jenis ini. Printer ini memiliki kecepatan cetak 27 ppm untuk mencetak dokumen biasa, sedangkan untuk mencetak foto printer ini membutuhkan waktu sekitar 69 detik per foto. Hasil ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan printer Epson L300, namun hasil ini juga lebih cepat ketimbang printer Epson L100 atau L200. Untuk masalah kecepatan mencetak printer ini memiliki kecepatan rata-rata/tidak terlalu cepat atau lambat. Printer ini juga mampu mencetak dengan resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi dan dibekali oleh teknologi mencetak bi-directional printing dan uni-directional printing. Selain itu printer ini memiliki konfigurasi nozzle sebesar 180 untuk warna hitam dan 59 untuk warna-warna lainnya (magenta, cyan, yellow). Ukuran kertas maksimal yang bisa dicetak oleh printer ini adalah sebesar 8.5 x 44 inci (lebar x tinggi).

spesifikasi-dan-harga-printer-epson-l-210-terbaru

Spesifikasi Epson L 210

Printer ini memiliki fitur all in one, mari kita bahas satu per satu fitur tersebut. Pertama, fitur copy. Printer ini dilengkapi fasilitas copy, artinya anda bisa menggandakan dokumen apapun dalam bentuk hitam-putih dengan menggunakan printer ini. Printer ini memiliki kecepatan meng-copy dokumen hitam-putih sebesar 5 detik per draft dan meng-copy dokumen berwarna sebesar 10 detik. Namun, kita hanya bisa mencetak sebanyak 20 lembar copy pada satu waktu, cukup terbatas. Kedua, fitur scan. Tak bisa dipungkiri terkadang untuk beberapa kasus kita sering membutuhkan fasilitas ini.

Rasanya tak adil jika Cuma menilai dari bagian bodi dan performanya, kita tidak akan mendapatkan review Epson L210 ini secara menyeluruh flatbed color image scanner dengan tipe sensor CIS. Hasil scan yang dihasilkan oleh printer ini mampu mencapai 600 x 1200 dpi, hal ini tidak usah diragukan lagi karena memang resolusi scanner dari L210 mencapai 600 dpi. Sayangnya dengan bodi yang ramping, scanner yang ada cenderung lebih kecil. Scanner area dari printer ini hanya berkisar sebsar 216 x 297 mm atau sebesar 8.5 x 11.7 inci. Kecepatan scan dari printer ini tergolong tinggi yaitu sebesar 2.4 milisecond/line pada gambar monochrome dan 9.5 milisecond/line untuk gambar berwarna.

Selain itu kedalaman warna hasil scan dari printer ini juga tergolong bagus yaitu sebesar 48-bit untuk gambar berwarna dan 16 bit untuk gambar grayscale atau hitam putih. Hadir dengan fitur yang kompleks tampaknya tidak membuat printer ini memakan banyak kapasitas listrik yang ada. Printer ini hanya menyerap 13 watt ketika melakukan operasi, 3.5 watt ketika berada dalam posisi stand-by, 1.5 watt ketika berada dalam posisi sleep mode dan 0.3 watt ketika dalam keadaan mati.

Printer Epson L 210

Selain beberapa fitur-fitur diatas, printer ini juga dilengkapi dengan konektivitas standart yangitu USB 2.0 namun telah didukung oleh fasilitas high-speed. Selain itu printer ini hanya bisa berjalan pada sistem operasi Windows XP atau yang lebih baru dan untuk Mac OS hanya bisa berjalan pada Mac OS 10.5.8 atau yang lebih baru. Tidak adil rasanya ketika kita hanya membicarakan spesifikasi dan keunggulan dari printer Epson L300 ini tanpa memperhatikan sisi lemah dari printer ini. Ini dia beberapa kelemahan dari printer ini.

Sangat disayangkan karena Epson L210 yang hadir dengan fitur lengkap memiliki hasil cetak yang tidak begitu maksimal, jika dibandingkan dengan Epson L200 atau L100, hasil cetaknya tidak ada bedanya bahkan terlampau sama padahal Epson menyakinkan pengguna kalo mereka telah memperbaiki kekurangannya. Beralih dari hasil cetak yang kurang, printer ini terkenal sangat rewel untuk masalah perawatannya. Anda bisa menemukan dibeberapa forum-forum online yang membahas printer. Printer ini terkadang tidak bisa digunakan dan beberapa cara yang terdapat pada guide book (buku panduan) tidak bisa mengatasi masalah pada mesin cetak jenis Epson L210 ini. Alhasil, yang bisa anda lakukan adalah dengan membawanya ke service printer center terdekat.

Yang cukup vital adalah yang satu ini, terdapat sebuah fitur yaitu resetter. Fungsi utama dari fitur ini adalah mengatur ulang sistem pada printer ini, jadi ketika ada masalah diharapkan printer ini bisa kembali berfungsi secara normal. Namun, nampaknya fitur ini masih menjadi masalah yang dipertanyakan, karena fitur ini bisa saja membuat printer Epson L200 anda menjadi tidak bisa bekerja sama sekali. Jika hal ini terjadi, maka anda terpaksa harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya di service center Epson.

Kekurangan printer Epson L210

Namun kekurangan di printer Epson L210 terletak di suaranya yang agak berisik, memang seperti layaknya semua printer inkjet. Tapi tentu saja tidak mengurangi kualitas dari hasil printing, copy maupun scanning yang menawan.  Karenanya Printer Epson L210 mungkin sangat cocok untuk printer kantor atau bisnis UKM, dikarenakan sangat praktis dan multiguna. Akan tetapi tidak untuk printing yang terlalu berat, jadi hanya untuk printing atau scanning ringan. Maka secara garis besar printer Epson L210 sangat bagus kualitasnya.

Dapat disimpulkan pada review Epson L210, jika printer ini merupakan printer yang secara keseluruhan cukup bagus jika anda bukanlah orang yang detail akan kualitas hasil cetak. Printer ini memang cocok untuk mencetak dokumen-dokumen kantor atau rumah yang tidak membutuhkan banyak gambar. Tampaknya kualitas hasil cetak printer jenis ini berbanding terbalik dengan kuantitas hasil cetaknya, printer ini dapat mencetak 20.000 halaman tanpa perlu membeli tinta baru lagi. Bukankah kualitas seperti itu luar biasa hemat? Namun, jika anda menginginkan sebuah printer yang akan digunakan untuk mencetak foto atau dokumen-dokumen brosur maka sebaiknya anda memilih lainnya seperti, printer Epson L300. Untuk harga Baru dari Printer Epson L210 hanya Rp 1.815.000,- saja, tertarik untuk membelinya, anda dapat membelinya secara online di toko online terpercaya.

Cara Merawat Printer Inkjet

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Salah satu jenisnya adalah printer inkjet. Printer inkjet merupakan printer yang paling banyak digunakan di Indonesia. Printer ink jet adalah printer yang mencetak dengan cara menyemprotkan tetesan-tetesan kecil tinta ke kertas. Printer ini bervariasi dari yang murah untuk penggunaan rumahan sampai yang harganya puluhan juta rupiah untuk penggunaan yang lebih professional. Berbagai merek printer inkjet beredar di Indonesia, bahkan ada yang memiliki area produksi sendiri di Indonesia.

Jika Anda pengguna printer inkjet, maka Anda pun sebaiknya mengetahui bagaimana cara penggunaan dan perawatan printer inkjet yang baik agar printer yang Anda gunakan bisa bertahan lama dan kinerjanya tetap stabil. Berikut beberapa tips merawat printer inkjet yang bisa Anda terapkan sesuai dengan printer inkjet yang Anda gunakan di kantor atau di rumah. Printer Inkjet adalah salah satu jenis printer yang paling sering dipakai. Namun, tidak semua orang bisa merawat printer, bukan karena terlalu sulit, namun hanya karena tidak pernah mengetahui caranya. Nah, ternyata, cara merawat printer inkjet tidak sesulit yang Anda duga. Lakukan hal-hal dibawah ini agar printer Anda akan awet dipakai dan tidak mudah rusak.

Jangan pernah biarkan printer inkjet Anda tidak terpakai terlalu lama. Penggunaan secara periodik, setidaknya 2 kali seminggu, akan membuat tinta yang terdapat pada nozzle head tidak sampai kering. Kalau tinta tersebut kering, maka akan terjadi penyumbatan pengeluaran tinta yang tentunya dapat merusak printer Anda. Biasanya, dalam paket printer inkjet sudah mendapatkan software bernama clean head. Gunakan kemampuan clean head untuk membersihkan nozzle head. Pastikan Anda melakukannya secara periodik, minimal sebulan sekali, disarankan sebulan 2 kali. Debu dan kotoran luar juga bisa merusak printer. Apabila Anda melihat ada benda asing seperti debu dan kotoran terjatuh dalam printer, bersihkan langsung.

Pastikan Anda tidak menggunakan lap yang basah atau banyak air saat membersihkannya. Air akan merusak printer dengan cepat. Ketika Anda ingin mematikan printer, pastikan untuk menggunakan tombol power, bukan dengan mencabut kabel printer. Apabila Anda mematikan dengan mencabut kabel printer, maka head printer belum sempat kembali ke posisi awalnya. Dampaknya? Tinta printer akan cepat mengering. Ketika mencetak dokumen, pastikan bahwa kertas tidak terlipat. Lebih baik menggunakan kertas yang halus. Apabila sampai kertas tersangkut pada printer, maka roller printer bisa rusak. Jangan menyentuh bagian elektrik cartridge printer dengan jari, terutama pada bagian chip dan head. Listrik statis tubuh Anda bisa merusak komponen printer.

Apabila Anda harus membersihkan bagian tersebut, gunakan kertas tissue berkualitas. Tissue berkualitas jelek malah akan meninggalkan kotoran tambahan. Gunakan tinta refill berkualitas baik dan pastikan mengisi cartridge tidak terlalu penuh. Pengisian terlalu penuh berpotensi kebocoran cartridge. Dampak terparahnya? Motherboard printer juga bisa rusak! Jangan pernah membiarkan printer tidak berisi cartridge dalam jangka waktu terlalu lama. Print head bisa kering apabila cartridge tidak terisi. Pastikan juga wastepad tidak meluber di dalam printer. Jangan pernah merasa jago dengan membuka casing printer. Ingatlah bahwa komponen printer hanya bisa diservis oleh orang yang sudah ahli. Anda hanya perlu melakukan perawatan, bukan mencoba untuk memperbaiki.