Service Printer Jakarta Profesional Dan Terpercaya

Service Printer Jakarta – Untuk anda yang memiliki masalah dengan printer anda, anda bisa datang ke service printer Jakarta. Service printer Jakarta bisa mengatasi masalah yang ada pada printer milik anda. Service printer Jakarta adalah teknisi service printer panggilan yang memiliki keahlian dan pengalaman untuk memberi dukungan teknis pada perawatan dan pemeliharaan printer. Service printer Jakarta telah melakukan jasa layanan maintenance Printer terhadap perusahaan-perusahaan besar di berbagai daerah. Terima jasa service printer panggilan Meliputi : Printer Dotmatrik deskjet laserjet Service printer dotmatrik: ( ganti jarum  head, mainboard, mekanik repaired) Service printer deskjet: hp,epson,canon ( pasang modif, mainboard, mekanik repaired) Service printer laserjet : Hp, samsung ( board,mekanikrepaired,refil ).

service-printer-jakarta-profesional-dan-terpercaya

Hampir di setiap Perusahaan pasti membutuhkan suatu sistem percetakan yang multifungsi dan mampu membantu setiap pekerjaan pegawainya agar efektif dan efisien, maka sangat dibutuhkan suatu perangkat cetak atau printer. Seiring berjalannya waktu karena umur pemakaian printer, maka printer akan mengalami berbagai macam kerusakan-kerusakan. Disaat Anda memerlukan mencetak dokument tetapi printer Anda mengalami gangguan, pasti akan sangat mengganggu pekerjaan Anda. Service printer Jakarta hadir untuk memberikan kemudahan kepada Anda ketika printer Anda mengalami gangguan. Meskipun saat ini harga sebuah printer, khususnya printer inkjet relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga catridge tintanya sendiri, ada baiknya kita tetap merawat printer yang kita pakai agar tetap awet dan hasil cetakannya tetap terjaga kualitasnya.

Pengertian Dan Fungsi Printer

Munculnya perangkat keras bernamakan printer di dunia teknologi memang sudah menghadirkan banyak manfaat. Perangkat mesin ketik yang sejak ratusan tahun lalu hadir pun telah tersisih. Lantaran kecanggihan perangkat printer yang memiliki fungsi sebagaimana manusia-manusia dunia saat ini inginkan. Adalah mencetak suatu dokumen untuk kepentingan pribadi maupun banyak orang. Mulai dari teks, gambar, serta gabungan teks dan gambar. Selain berfungsi untuk mencetak suatu dokumen, printer juga memiliki fungsi lain yang telah diadopsi dari teknologi lainnya. Sebut saja fungsi menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax). Pada awalnya printer hanyalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data berupa teks, gambar, serta grafik dalam lembaran kertas. Namun berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat, fungsi alat-alat lain pun bisa diadopsi.

Printer merupakan satu hal yang sangat penting untuk kalangan pelajar karena hampir seluruh tugas dicetak dengan tulisan printer. Dengan adanya printer di rumah, kita tidak akan kesulitan untuk pergi ke percetakan ataupun ke warnet hanya untuk mencetak atau print out tugas sekolah atau kuliah. Oleh karena itu sekarang ini printer telah menjadi bagian kebutuhan atau pelengkap utama komputer di rumah terutama untuk kalangan pelajar sekolah maupun kuliah. Printer merupakan perangkat elektronik yang dihubungkan ke komputer atau laptop yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang berupa teks maupun gambar. Seperti halnya membeli laptop ataubarang elektronik lain, dalam membeli printer membutuhkan tips memilih printer yang benar.

Hal ini dikarenakan banyaknya merk-merk printer dengan menawarkan spesifikasi beragam yang terkadang membuat kebanyakan orang bingung dalam memilih. Printer juga termasuk ke dalam perangkat yang membutuhkan perawatan khusus agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Printer dengan harga terjangkau dapat menjadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan perangkat ini. Dan salah satu printer yang harganya bisa dibilang cukup murah adalah printer HP. Printer HP memang harganya dibawah Canon dan juga Epson, namun kualitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Hasil dari printer HP juga bagus dan tidak kalah dengan merk lainnya.

kerusakan-pada-printer

Kerusakan Pada Printer

Pada umumnya usia barang elektronik memiliki masa waktu sampai dengan di atas 3 tahun. Namun hal tersebut tentu membutuhkan cara perawatan yang baik agar barang tetap awet. Salah satu barang elektronik yang sering dibutuhkan orang adalah printer. Mesin printer digunakan dalam berbagai hal misal untuk keperluan mencetak gambar, mencetak tulisan, dan lain sebagainya. Mesin printer yang terkenal seperti Epson, Canon, dan merk lainnya. Yang banyak menjadi permasalahan biasanya ketika mencetak tulisan tidak terlalu jelas, mesin printer tidak mau bekerja, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti catridge rusak, atau tinta tinggal sedikit. Jika anda merupakan seorang pengguna printer, anda pasti sering menemukan printer anda mengalami masalah. Dengan berbagai masalah tersebut tentunya ada beberapa masalah yang sering muncul pada printer. Masalah seperti kecepatan cetak yang menurun atau keluarnya garis-garis pada printer merupakan salah satu masalah yang sering muncul.

Paper jam, kertas macet, kertas berhenti ditengah proses print, kertas nyangkut di printer atau apapun istilahnya adalah masalah yang bisa saja terjadi pada mesin printer inkjet maupun laser. Cukup keluarkan kertas dari dalam printer, termasuk potongan-potongan yang robek bila ada. Caranya bisa dilakukan secara manual dari belakang printer, langsung buka penutup printer dan tarik pelan kertasnya, ada pula printer laser yang cukup dengan mematikan printer kemudian dihidupkan lagi. Membaca user guide pada printer akan lebih membantu. Karena kadang penyeleseian untuk setiap printer tidaklah sama. Untuk mencegah kertas macet dari terjadi lagi, gunakan kertas kualitas yang lebih baik, kondisi kertas baik, tempatkan kertas sesuai ukuran, dan jangan gunakan kertas yang bengkok atau berkerut, serta menghindari kertas yang sudah sangat lama. Ada baiknya membatasi tupukan tebal kertas sesuai kapasitas printer, dan usahakan agar kertas tidak terlalu menempel satu sama lain.

Masalah berikutnya adalah masalah lost connection. Masalah ini biasa ditemui yaitu printer tidak bisa mengeksekusi perintah pencetakan. Solusinya periksa semua kabel yang terhubung, pastikan kabel tersebut terhubung dengan benar, kemudian cek panel control di menu pencetakan di computer dan pastikan printer yang akan anda pakai telah terpilih sebagai default printer yang akan mencetak. JIka Anda menggunakan sistem wireless dengan koneksi server, pastikan settingan sudah benar, dan periksa koneksi wireless. Periksa juga apakah ada perintah cetak yang tertunda , jika ada maka batalkan perintah tersebut lalu ulangi perintah pencetakan.

Faded print atau hasil cetakan yang pudar atau memudar biasanya terjadi karena print setting yang kurang tepat. Pastikan tidak setting pada Ecomode atau draft setting maupun semacamnya. Namun bisa juga disebabkan karena toner pada cartridge toner mau habis atau tinta pada ink cartridge habis. Jika anda menemui masalah hasil cetak putus putus, hal ini bisa diakibatkan oleh dua macam yang biasanya terjadi pada printer inkjet. Yang pertama adalah disebabkan tinta printer sudah mulai habis. Yang kedua karena tinta pada permukaan lubang catridge membeku. Lebih parahnya lagi juga bisa mengakibatkan printer tidak dapat mengeluarkan tinta sama sekali. Lakukan cleaning beberapa kali, jika masih terjadi silahkan bawa ke pusat servis printer agar lebih mudah mendapatkan solusinya.

Ghosting atau cetakan berbayang terkadang terjadi pada printer yang sobat gunakan. Hasil cetakan kelihatan berbayang sehingga terlihat mengganggu ketika dilihat. Hal ini biasanya terjadi karena usia drum unit yang memang sudah saatnya diganti, cartridge yang sudah minta diganti, atau pada kasus tertentu terjadi karena aliran listrik yang buruk, atau power supply printer yang dalam kondisi buruk. Hampir sama seperti ghosting, ink smear atau ada noda tinta yang terjadi pada hasil cetak berarti ada sesuatu yang salah dengan salah satu drum unit pada printer laser, itu biasanya fuser. Namun, pada printer inkjet bisa berasal dari tumpahan tinta di dalam printer. Cobalah mencetak 15-20 halaman pertama untuk melihat apakah noda tinta kecil tersebut akan berhenti sendiri atau hilang sendiri atau tidak.

Tinta printer membeku biasanya juga menjadi masalah pada printer. Hal ini biasanya terjadi pada printer inkjet, jika dalam periode tertentu yang cukup lam printer tidak digunakan kemungkinan besar tinta printer bisa membeku dan macet. Sehingga Anda harus mengganti cartridge baru. Oleh karena itu, jangan biarkan printer inkjet Anda menganggur terlalu lama atau setidaknya gunakan untuk mencetak dan mantenance rutin, walau pun hanya mencetak selembar kertas. Terkadang juga ada juga masalah settingan kertas kurang tepat. Pada beberapa seri printer laser, tidak dapat mendeteksi ukuran kertas secara otomatis dari paper tray atau baki kertas. Sehingga kita harus menset terlebih dahulu sesuai ukuran kertas yang akan dicetak. Agar lebih mudah setting kertas pada ukuran kertas, jenis kertas. Dan kualitas cetak yang biasa digunakan, kemudian save settingan tersebut agar tidak berubah ketika printer atau komputer dimatikan.

Printer memberikan peringatan tinta habis, padahal tinta masik banyak. Ini juga menjadi masalah yang paling sering terjadi. Banyak kalangan yang bingung bagaimana mengatasinya. Untuk mengatasi masalah printer yang seperti ini anda bisa melakukan reset pada cartridges tinta. Dengan melakukan reset printer akan memuat pengaturan awal pada perangkat printer tersebut. Itulah dia beberapa masalah yang sering muncul ketika anda menggunakan printer. Tidak perlu harus berfikiran bahwa printer yang rusak ringan maka tida akan kita pakai, karena jika dirasa masalah yang terjadi ringan dan mudah untuk diatasi sendiri, ada baiknya kita mencoba untuk memperbaikinya. Jika kondisi lebih buruk maka anda bisa membawanya ke tukang servis atau bisa juga anda bawa ke Service Printer Jakarta.

Perawatan Printer

Tips cara merawat printer yang anda miliki agar awet dan tahan lama ini akan lebih mudah dilakukan dari pada memperbaiki printer yang rusak. Tidak butuh waktu lama pada saat melakukan atau merawatnya, hanya butuh waktu beberapa menit namun harus dilakukan dengan rutin. Mematikan Printer dengan Benar Dengan Cara Menekan Tombol Power. Tidak hanya laptop atau komputer saja dimatikan sesuai prosedur, printer juga harus dilakukan dengan cara yang sama. Ketika selesai pemakaian, alangkah baiknya jika printer dimatikan dengan cara yang benar yaitu menekan tombol power. Dengan begitu maka printer akan otomatis melakukan pembersihan pada permukaan head. Sehingga menjadikan head catridge lebih bersih dan terjaga. Untuk menghindari hal buruk, usahakan hindari mematikan printer dengan mencabut langsung kabel power.

Pengisian Tinta Secara Berkala. Untuk menjaga printer agar awet dan tahan lama sebaiknya melakukan isi tinta secara berkala. Tips ini dapat membuat head catridge pada printer menjadi awet dan tahan lama. Perlu diingat usahakan untuk mengisi tinta secara berkala untuk menghindari habisnya tinta pada printer. Segera isi ulang tinta jika sudah menunjukkan tanda habis. Tinta yang kosong akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge. Gunakan tinta refill yang direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkwalitas. Walaupun harganya relatif mahal tetapi hal ini akan membuat kualitas cetakannya lebih baik lagi.

Gunakan sesering mungkin. Printer yang jarang digunakan akan berakibat terjadinya kebuntuan pada Nozzle karena tinta kering yang tidak mengalir, hal ini disebabkan oleh diameter nozzle yang sangat kecil. Maka penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang merupakan tempat keluarnya tinta. Bila hal ini terjadi maka bisa berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan Printer itu sendiri, jadi rawatlah printer Anda untuk mencegah jangan sampai kasus ini terjadi. Walaupun anda tidak menggunakan printer untuk mencetak sesuatu, biasakan untuk menghidupkannya setidaknya seminggu sekali, hal ini bertujuan untuk menjaga kehangatan tinta printer agar kembali encer dan tidak mengering.

Menghindari Penggunaan Kertas yang Telah Kotor dan Berdebu. Pemakaian kertas yang berdebu dan kotor dapat berakibat buruk pada roll penarik kertas. Karena di saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu maka roll pencetak kertas akan kotor juga. Bila hal ini terus terjadi maka lama kelamaan akan mengakibatkan ausnya pada roll yang berakibat kerusakan yang tidak dapat berfungsi untuk menarik kertas. Setiap barang elektronik diperlukan perawatan agar terhindar dari debu yang menempel. Debu yang menempel lama kelamaan akan menjadi tebal dan mempengaruhi kinerja. Hal ini juga berlaku pada mesin printer, jangan biarkan printer Anda terbuka saat tidak digunakan. Selalu tutup printer saat setelah pemakaian agar kotoran seperti debu tidak masuk ke dalamnya. Cara yang satu ini langkah paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga printer agar awet dan tahan lama.

Gunakan kertas yang cocok. Beberapa tipe printer tidak mampu menarik kertas yang kusut dan terlalu tebal. Jadi pastikan kertas yang anda gunakan cocok agar tidak tersangkut di dalam printer nantinya. Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kertas akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.

Merawat printer bukanlah sesuatu hal yang sulit dan membutuhkan banyak biaya. Mungkin anda membayangkan bahwa merawat printer membutuhkan keahlian seperti teknisi yang harus bisa membongkar-pasang tubuh printer dan membutuhkan alat untuk menjaga keawetan hasil print. Merawat printer sangat mudah asal anda melakukannya dengan benar dan intensif. Itulah beberapa tips singkat untuk merawat printer supaya tetap awet dan tahan lama. Cara-cara diatas bisa dilakukan dengan mudah tanpa membutuhkan banyak biaya. Kekreatifan dari diri andalah yang bisa dijadikan patokan awet atau tidaknya perangkat printer. Jadi, sebagai pemilik printer anda harus memahami cara merawat printer supaya awet. Kuncinya printer ini akan tetap awet ketika anda telaten dalam merawatnya. Jika anda tidak bisa mengatasi masalah printer anda, anda bisa datang langsung ke service printer Jakarta.