Munculnya perangkat keras bernamakan printer di dunia teknologi memang sudah menghadirkan banyak manfaat. Perangkat mesin ketik yang sejak ratusan tahun lalu hadir pun telah tersisih. Lantaran kecanggihan perangkat printer yang memiliki fungsi sebagaimana manusia-manusia dunia saat ini inginkan. Adalah mencetak suatu dokumen untuk kepentingan pribadi maupun banyak orang. Mulai dari teks, gambar, serta gabungan teks dan gambar. Selain berfungsi untuk mencetak suatu dokumen, printer juga memiliki fungsi lain yang telah diadopsi dari teknologi lainnya. Sebut saja fungsi menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax). Pada awalnya printer hanyalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data berupa teks, gambar, serta grafik dalam lembaran kertas. Namun berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat, fungsi alat-alat lain pun bisa diadopsi.

spesifikasi-printer-type-hp-color-laserjet-cp2025-september-2016

Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting. Fungsi printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yaitu dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.

Spesifikasi Printer Type HP Color LaserJet CP2025

HP Color LaserJet Printer CP2025dn (CB495A) memberikan kecepatan cetak warna yang cepat, pencetakan yang efisien untuk menghasilkan materi pemasaran, dokument presentasi yang berkualitas di kantor Anda dengan Printer HP laser warna yang menudkung koneksi jaringan Network | CP2025N. Dapatkan hasil cetak yang impresif menggunakan HP ColorSphere Toner, dan menghemat kertas dengan mencetak pada kedua sisi kertas (Auto Duplex), Teknologi Instant-on dan kecepatan cetak yang cepat pada halaman pertama. Cetak halaman dokumen teks hitam dengan biaya cetak yang sama seperti Anda menggunakan Single Printer Laser hitam-putih.

Nikmati kemudahan mencetak kertas berwarna tanpa mengorbankan kecepatan dengan menggunakan printer HP Color LaserJet CP2025 series. Dengan kecepatan mencetak kertas berwarna hingga 21ppm (letter)/ 20ppm (A4), Anda akan mendapatkan hasil cetakan terbaik.Proactive printer management-nya dapat menghindari interupsi dan meningkatkan produktivitas. Fitur HP ToolboxFX menawarkan Anda kemudahan akses ke printer settings, status informasi, user guide, self-help, dan toubleshooting tips. Anda dapat membuat sendiri materi high impact marketing, melalaui fitur HP Marketing Tools. HP Print Views memudahkan Anda melihat berbagai macam print settings yang diaplikasikan kedalam dokumen sebelum dicetak. Hasil cetakan teks dan grafik akan terlihat lebih tajam melalui HP ColorSphere Toner.

Beberapa fitur standard lainnya adalah , 50-sheet output bin, 50-sheet multipurpose tray, 250-sheet input tray, buitin Ethernet/Fast Ethernet networking (tipe n/dn/x), hi-speed USB 2.0 port, 128 MB printing memory (upgradeable DIMM), 500MHz processor, dan mencetak bolak balik secara otomatis (tipe dn/x). HP Color Laserjet CP2025DN memberikan penghematan hingga 25% dengan dengan mencetak pada dua sisi secara otomatis (Auto Duplex) dan berbagi printer ini melalui built-in Network. Apakah Anda ingin mencetak warna untuk bahan marketing secara professional? Mencetak warna secara impresif, Tulisan teks yang tajam dengan menggunakan HP Original ColorSphere Toner. Printer Laserjet CP2025 ini memiliki segala fitur yang Anda butuhkan-seperti toolkit secara online untuk membantu Anda memulai. Baki Kertas (PaperTray) yang di sediakan mampu menampung hingga 250 lembar dan tambahan 50 lembar pada multipurpose Tray.

kelebihan-hp-color-laserjet-printer-cp2025

Kelebihan HP Color LaserJet Printer CP2025

Ingin menghemat Biaya cetak? Mencetak dokumen teks hitam-putih dengan biaya yang sama dengan menggunakan printer laser mono, disamping itu tersedia fitur HP Printview untuk setting pengaturan cetak diterapkan pada dokumen Anda sebelum dicetak dan melihat Pre-view, sehingga menghindari kesalahan cetak yang mengakibatkan pemborosan Toner dan kertas. Tingkatkan produktivitas kerja Anda dengan Printer HP Color LaserJet CP2025dn yang dapat berbagi ke semua orang dalam tim kerja Anda menggunakan built-in Network jaringan dan secara otomatis mencetak dokumen pada kedua sisi kertas (Duplex).

HP ColorSphere Toner dan HP ImageREt 3600 untuk kualitas cetak yang luar biasa. Hasil cetak Warna akan terlihat cerah dan kontras, dan grafik serta teks akan terlihat tajam dan bersih. HP Laserjet CP2025dn ini mudah instalasinya, meskipun beratnya hampir 25 kilogram, namun Printer terlihat kokoh dan mantap – Pada paket penjualan sudah di lengkapi empat buah cartridge Toner (CMYK) terpasang didalam nya. HP Laser CP2025dn sudah support “Bonjour” (aplikasi pada Apple) yang akan muncul secara otomatis di panel control Print dan Faks ketika dihubungkan ke Jaringan Network.

Dalam pengujian hasil test yang dicatat, HP Laserjet Color CP2025dn memberikan hasil cetak dan kecepatan cetak yang baik, uji coba mencetak satu halaman MS Word dalam 17 detik, yaitu sekitar rata-rata. Pada uji coba mencetak sepuluh halaman dokumen MS Word sedikit lebih lambat dari kebanyakkan printer Laser lainnya dengan kecepatan 44 detik, namun mencetak dokumen PDF dan Photoshop lebih cepat yang dibandingkan printer Laser yang sejenis. Apakah Anda ingin mencetak dokumen bisnis dalam jumlah yang banyak? Anda perlu menggunakan Printer HP Laser Warna CP2025.

Anda akan mendapatkan Teknologi Instant-on untuk mencetak lebih cepat dan biaya yang lebih rendah. Ditambah, hanya sedikit bagian yang perlu diganti dibandingkan dengan printer laser lainnya. HP Laserjet Color CP2025 Mencetak dokumen Warna yang impresif menggunakan HP Toner kartrid Original. Supaya terhindar dari biaya cetak yang memboroskan? Pilih kartrid cetak HP asli, terbukti dapat diandalkan dibandingkan kartrid toner Refill, survey mengatakan lebih dari 25% hasil cetak menggunakan kartrid refill mengalami kerusakan pada hasil cetak dan merusak Printer Anda.

Manfaat Printer

Printer merupakan satu hal yang sangat penting untuk kalangan pelajar karena hampir seluruh tugas dicetak dengan tulisan printer. Dengan adanya printer di rumah, kita tidak akan kesulitan untuk pergi ke percetakan ataupun ke warnet hanya untuk mencetak atau print out tugas sekolah atau kuliah. Oleh karena itu sekarang ini printer telah menjadi bagian kebutuhan atau pelengkap utama komputer di rumah terutama untuk kalangan pelajar sekolah maupun kuliah. Printer merupakan perangkat elektronik yang dihubungkan ke komputer atau laptop yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang berupa teks maupun gambar. Seperti halnya membeli laptop ataubarang elektronik lain, dalam membeli printer membutuhkan tips memilih printer yang benar.

Hal ini dikarenakan banyaknya merk-merk printer dengan menawarkan spesifikasi beragam yang terkadang membuat kebanyakan orang bingung dalam memilih. Printer juga termasuk ke dalam perangkat yang membutuhkan perawatan khusus agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Printer dengan harga terjangkau dapat menjadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan perangkat ini. Dan salah satu printer yang harganya bisa dibilang cukup murah adalah printer HP. Printer HP memang harganya dibawah Canon dan juga Epson, namun kualitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Hasil dari printer HP juga bagus dan tidak kalah dengan merk lainnya.

HP merupakan merk yang mengusung tablet, laptop, dan juga printer. Sejumlah seri printer sudah beredar di pasaran Indonesia dengan harga yang beragam yang bisa disesuaikan dengan budget masyarakat. Printer HP terkenal dengan desain tampilan yang bagus dan juga kualitas yang bisa diandalkan. Merk printer HP mengeluarkan beberapa jenis printer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Merk ini tidak kalah dengan kedua nama besar di atas yakni Canon dan Epson. Bagi anda yang ingin mencari printer, printer HP ini bisa menjadi pilihan karena dengan harga yang cukup murah sudah bisa memiliki printer dengan kualitas yang cukup bagus.

Prinsip Kerja Printer Laserjet

Prinsip kerja dasar dari laserjet printer adalah listrik statis. Printer laserjet memiliki komponen inti dari system ini yaitu photoreceptor yang secara umum seperti revolver drum. Drum assembly ini membuat photoconductive material yang banyak yang ditembak oleh sinar proton. Awalnya drum memberikan muatan positif total yang didapat dari kabel corona, kabel dengan aliran listrik yang mengalirinya. Pada saat drum berputar, printer akan mengeluarkan sinar laser tipis yang ditembakkan pada point yang telah ditentukan. Setelah mengeset pola, printer melapisi drum dengan toner yang bermuatan positif, yang berisi tinta hitam yang berbentuk bubuk. Sejak drum dialiri muatan listrik positif, toner melekat pada area drum yang tidak bermuatan listrik negative, tapi tidak juga menempel pada area yang bermuatan positif.

Dengan bubuhan bubuk yang sudah berpola, drum akan berputar di satu lembar kertas, yang diatur oleh sabuk yang terdapat dibawah drum tersebut. Sebelum kertas masuk keprinter, kertas tersebut diberi aliran listrik bermuatan negative yang ditransfer oleh kabel corona (roll bermuatan). Untuk menjaga agar kertas tetap menempel pada drum, kertas tersebut ditembak laser oleh detac corona wire secara terus-menerus setelah kertas tersebut mengambil bubuk tinta yang ada pada toner. Terakhir, printer laser akan melewatkan kertas pada fuser (sepasang roller yang telah dipanaskan). Pada saat kertas melewati fuser, bubuk tinta yang didapat dari toner akan melebur dengan serat yang ada dikertas. Fuser mengirim kertas ke lubang yang disiapkan untuk mengeluarkan kertas dari laser printer. Kecepatan kertas yang melewati roller membuat kertas menjadi tidak terbakar.

tips-perawatan-printer

Tips Perawatan Printer

Pada umumnya usia barang elektronik memiliki masa waktu sampai dengan di atas 3 tahun. Namun hal tersebut tentu membutuhkan cara perawatan yang baik agar barang tetap awet. Salah satu barang elektronik yang sering dibutuhkan orang adalah printer. Mesin printer digunakan dalam berbagai hal misal untuk keperluan mencetak gambar, mencetak tulisan, dan lain sebagainya. Mesin printer yang terkenal seperti Epson, Canon, dan merk lainnya. Yang banyak menjadi permasalahan biasanya ketika mencetak tulisan tidak terlalu jelas, mesin printer tidak mau bekerja, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti catridge rusak, atau tinta tinggal sedikit. Tips cara merawat printer yang anda miliki agar awet dan tahan lama ini akan lebih mudah dilakukan dari pada memperbaiki printer yang rusak. Tidak butuh waktu lama pada saat melakukan atau merawatnya, hanya butuh waktu beberapa menit namun harus dilakukan dengan rutin.

Mematikan Printer dengan Benar Dengan Cara Menekan Tombol Power. Tidak hanya laptop atau komputer saja dimatikan sesuai prosedur, printer juga harus dilakukan dengan cara yang sama. Ketika selesai pemakaian, alangkah baiknya jika printer dimatikan dengan cara yang benar yaitu menekan tombol power. Dengan begitu maka printer akan otomatis melakukan pembersihan pada permukaan head. Sehingga menjadikan head catridge lebih bersih dan terjaga. Untuk menghindari hal buruk, usahakan hindari mematikan printer dengan mencabut langsung kabel power.

Pengisian Tinta Secara Berkala. Untuk menjaga printer agar awet dan tahan lama sebaiknya melakukan isi tinta secara berkala. Tips ini dapat membuat head catridge pada printer menjadi awet dan tahan lama. Perlu diingat usahakan untuk mengisi tinta secara berkala untuk menghindari habisnya tinta pada printer. Segera isi ulang tinta jika sudah menunjukkan tanda habis. Tinta yang kosong akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge. Gunakan tinta refill yang direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkwalitas. Walaupun harganya relatif mahal tetapi hal ini akan membuat kualitas cetakannya lebih baik lagi.

Gunakan sesering mungkin. Printer yang jarang digunakan akan berakibat terjadinya kebuntuan pada Nozzle karena tinta kering yang tidak mengalir, hal ini disebabkan oleh diameter nozzle yang sangat kecil. Maka penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang merupakan tempat keluarnya tinta. Bila hal ini terjadi maka bisa berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan Printer itu sendiri, jadi rawatlah printer Anda untuk mencegah jangan sampai kasus ini terjadi.

Menghindari Penggunaan Kertas yang Telah Kotor dan Berdebu. Pemakaian kertas yang berdebu dan kotor dapat berakibat buruk pada roll penarik kertas. Karena di saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu maka roll pencetak kertas akan kotor juga. Bila hal ini terus terjadi maka lama kelamaan akan mengakibatkan ausnya pada roll yang berakibat kerusakan yang tidak dapat berfungsi untuk menarik kertas. Setiap barang elektronik diperlukan perawatan agar terhindar dari debu yang menempel. Debu yang menempel lama kelamaan akan menjadi tebal dan mempengaruhi kinerja. Hal ini juga berlaku pada mesin printer, jangan biarkan printer Anda terbuka saat tidak digunakan. Selalu tutup printer saat setelah pemakaian agar kotoran seperti debu tidak masuk ke dalamnya. Cara yang satu ini langkah paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga printer agar awet dan tahan lama.

Gunakan kertas yang cocok. Beberapa tipe printer tidak mampu menarik kertas yang kusut dan terlalu tebal. Jadi pastikan kertas yang anda gunakan cocok agar tidak tersangkut di dalam printer nantinya. Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kertas akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.