Spesifikasi HP LaserJet Enterprise 500 Color M551 Series

HP LaserJet Enterprise 500 Color M551 Series  – Dalam Review HP LaserJet Enterprise 500 color M551 Series ini anda akan mendapatkan gambaran umum mengenai ketiga jenis printer yang ada di atas. Seperti kita ketahui, produk dari HP ini memang rata-rata banyak yang kelas atas dalam artian untuk kalangan profesional baik untuk kebutuhan kantor kecil maupun skala perusahaan besar. Printer-printer keluaran dari produsen merk HP ini banyak yang harganya lumayan tinggi, tentunya sesuai dengan kapasitas yang diberikan seperti pada seri ini. Meski tergolong tidak murah namun kualitas produk yang ditawarkan memang cukup sepadan. Jika anda ingin mendapatkan sebuah printer dengan ketahanan mesin, kualitas cetak, dan kecepatan cetak yang bagus maka seri printer laser dari HP ini bisa menjadi pilihan anda.

spesifikasi-hp-laserjet-enterprise-500-color-m551-series

Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting. Fungsi printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yaitu dpi atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.

HP LaserJet Enterprise 500 Color M551 Series Review

Pada tahun 1950 lalu seorang berkebangsaan Jerman bernama Johannes Gutenberg menemukan sebuah mesin cetak yang pertama kali digunakan di Eropa. Jonanners ini adalah seorang tukang emas dan pengusaha yang mampu mengembangkan teknologi mesin cetak revolusioner. Di zaman itu mesin cetak adalah penemuan yang sangat dibutuhkan dan penting, walaupun mesin ini tidak besar namun dengan berkembangnya waktu teknologi printer memiliki perkembangan yang sangat pesat sesuai kebutuhan dari jaman ke jaman. Untuk merk printer yang terkenal dengan kualitasnya adalah seperti merk Canon, HP, dan juga Epson. Ketiga merk tersebut memang sudah terkenal dengan memiliki kualitas yang baik. Namun tentunya ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk cetakan berwarna printer dengan merk Epson memiliki kelebihan dibanding merk Canon dan juga HP. Sedangkan untuk warna hitam putih merk Canon dan juga HP lebih tajam, walaupun begitu Epson juga memiliki kejelasan dalam cetakannya.

HP merupakan merk yang mengusung tablet, laptop, dan juga printer. Sejumlah seri printer sudah beredar di pasaran Indonesia dengan harga yang beragam yang bisa disesuaikan dengan budget masyarakat. Printer HP terkenal dengan desain tampilan yang bagus dan juga kualitas yang bisa diandalkan. Merk printer HP mengeluarkan beberapa jenis printer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Merk ini tidak kalah dengan kedua nama besar di atas yakni Canon dan Epson. Bagi anda yang ingin mencari printer, printer HP ini bisa menjadi pilihan karena dengan harga yang cukup murah sudah bisa memiliki printer dengan kualitas yang cukup bagus.

Mencetak dokumen Warna yang luar biasa di kelas Printer Laser Warna, dengan kualitas output-nya di atas rata-rata, sehingga cocok untuk setiap kebutuhan bisnis, termasuk pencetakan materi pemasaran. Printer ini bentuknya cukup oval (Juga memiliki biaya cetak per halaman yang cukup murah) adalah sebuah pilihan printer Laser warna yang dapat bekerja keras pada bisnis skala kecil hingga medium untuk kebutuhan pencetakan di kantor.

Printer dari HP ini memiliki tiga jenis produk yaitu sebagai berikut:

1. HP LaserJet Enterprise 500 color M551n
2. HP LaserJet Enterprise 500 color M551dn
3. HP LaserJet Enterprise 500 color M551xh

Untuk gambaran bagaimana produk HP LaserJet Enterprise 500 Color M551 Series ini silahkan perhatikan beberapa poin berikut.

  • Processor Arm Cortex 800 Mhz
  • Memori 1024 Mb
  • Desain simple dan compact
  • Dimensi fisik 514 x 491 x 385 mm
  • Berat mulai 34 kg
  • Maksimum duty cycle perbulan 75.000 halaman
  • Resolusi cetak hingga 1200 x 1200 dpi
  • Fitur auto duplex printing
  • Tekonologi HP ImageREt 3600 dan HP ColorSphere toner technology

Perlu anda catat bahwa printer laser warna A4 single function dari HP ini memang diperuntukkan untuk sekala menengah ke atas, jadi cocok untuk kebutuhan kantor anda. Untuk gambaran perbedaan dari ketiga jenis printer yang ditawarkan silahkan cermati sekilas spec di bawah ini. Dari ketiga jenis di atas anda dapat melihat bahwa memang benar sekali kalau printer ini cocok-nya untuk kebutuhan yang cukup besar. Dari ketiganya perbedaan utamanya ada pada fitur duplex printing yang belum terdapat pada M551n, adanya hardisk 250Gb pada M551xh, dan jumlah cassette tray pada masing-masing seri yang berbeda-beda.

Pertama kali di hidupkan, printer ini membutuhkan warm up sekitar 11 detik dan dapat digunakan juga untuk mencetak foto atau poster A4 dengan kualitas laser yang baik, apalagi dengan adanya tekonologi HP ImageREt 3600 dan HP ColorSphere toner technology yang dapat membuat warna menjadi semakin cerah dan tajam. Ada beberapa kelebihan yang di sukai dari produk ini yaitu misalnya:

  • Tempat kertas menampung hingga 100 lembar
  • Pptional cassete tray mampu menampung 500 lembar kertas
  • Kecepatan cetak 33 halaman per menit dokumen warna
  • Fitur secure print
  • Cartridge warna CMYK dengan page yield hingga 6000 halaman untuk CMY dan 5500 halaman untuk toner Black

Untuk urusan bisnis fitur yang dianggap andalan adalah fitur secure print. Jelas sekali bahwa dengan fitur ini dokumen rahasia yang ada akan tetap terjaga dengan baik, anda tidak perlu khawatir jika hendak mencetak berbagai dokumen kantor yang sifatnya rahasia tersebut. Selain itu untuk urusan sambungan anda tidak perlu repot karena printer jenis ini terdapat port USB yang akan membantu mencetak langsung dokumen dari flash drive khususnya pada seri M551dn dan M551xh. Selain itu ada juga optional external wireless wifi yang tersedia untuk printer ini agar bisa menggunakan fitur wifi printing.

Kalau dilihat dari berbagai poin di atas memang jenis printer ini sangat mumpuni tapi bagaimana dengan harga yang harus anda keluarkan untuk produk ini? Ya, untuk masalah harga anda tidak bisa mengharapkan harga yang murah, printer ini tidak akan anda jumpai di toko-toko komputer kecil karena harganya yang cukup lumayan. Di amazon, untuk HP LaserJet Enterprise 500 color M551dn dibandrol dengan harga kisaran yaitu $1,034.27 + $5.99 shipping, cukup mantap bukan?  Mengingat harganya yang lumayan tersebut maka tentunya jika anda membutuhkan jenis produk ini mungkin anda harus memesannya terlebih dahulu. Kalau untuk kalangan profesional tentu saja harga tersebut tidak akan terlalu berpengaruh apalagi jika kemampuannya sesuai dengan kebutuhan.

hp-laserjet-500-color-m551dn

HP Laserjet 500 Color M551DN

HP Laserjet 500 Color M551DN memiliki dimensi: 15,8 x 20,2 x 19,8 inci (HWD), cukup besar untuk sebuah ukuran meja dan beratnya sekitar 36Kg. Pada bagian depan terdapat Panel Kontrol LCD warna yang minimal: Tombol Home, OK, Cancel, dan Help. Petunjuk pada layar LCD terutama  menunjukkan tingkat level Toner kartrid. Kapasitas Baki kertas standar =  600 lembar, yang terbagi antara Baki Kertas utama 500-lembar dan 100-lembar pada multipurpose Tray. HP Laserjet M551DN dilengkapi dengan duplexer otomatis untuk mencetak pada kedua sisi lembar kertas. (M551N tanpa duplexer, yang dijual dengan harga lebih murah). Opsional: Tambahan Baki Kertas kedua : 500-lembar (Total 1.100 lembar) Model M551xh sudah dilengkapi tambahan baki kertas 500-lembar sebagai standard, ditambah Internal Harddisk ber-ukuran 250-GB. HP Laserjet Enterprise 500 Color M551DN (CF082A) dilengkapi koneksi USB, Duplex dan Ethernet (Network)

Kecepatan Cetak HP Laserjet 500 Color M551DN

Test kecepatan cetak HP Laserjet 500 Color M551DN (menggunakan aplikasi QualityLogic) menunjukkan efektif pada 9 halaman per menit (ppm). Itu agak sedikit lambat dari catatan kami (9,5 ppm) untuk sebuah Printer laser warna, dan kecepatan yang sangat baik pada 33 halaman per menit (ppm) untuk cetak warna dan hitam-putih yang didasarkan pada dokumen teks tanpa grafis atau gambar Foto – uji coba di lakukan termasuk mencetak dokumen teks, halaman grafis, dan halaman dengan konten campuran. Uji coba juga di lakukan pada Printer Xerox Phaser 6280DN, dengan kecepatan cetak 31 halaman per menit untuk monokrom dan 26ppm untuk warna, memakan waktu hampir dua kali lebih lama untuk menyelesaikan tes cetak yang sama, efektif pada 4,5ppm, sementara pengujian pada Printer Laser OKI C610DN, dengan nilai 34 halaman per menit untuk monokrom dan 32ppm untuk pencetakan warna, efektif pada 6,7ppm.

Kualitas cetak HP Laserjet 500 Color M551DN

Kualitas output secara keseluruhan adalah di-atas rata-rata, hasil cetak warna grafis yang sangat baik dan kualitas foto. Kualitas teks hitam khas untuk sebuah printer laser, yang berarti cukup baik untuk penggunaan bisnis yang menuntut aplikasi desktop publishing dengan pencetakan ukuran font yang sangat kecil. Dengan grafis, warna yang cerah dan tampak realistis. Beberapa Warna latar belakang hitam tidak terlalu gelap seperti yang di-inginkan, dan beberapa garis berwarna sangat tipis terhadap latar belakang hitam bisa saja terlihat lebih tajam, tapi tidak ada masalah lain yang layak di pertanyakan. Mencetak Grafis Warna tampil baik untuk sebuah presentasi format PowerPoint yang mengesankan. Kualitas cetak foto sedikit di atas rata-rata. Warna tampak mendekati kualitas foto secara nyata. Secara keseluruhan, kualitas cetak teks, grafik, dan foto sesuai untuk materi pemasaran sederhana seperti handout atau brosur lipat tiga, atau untuk handout bisnis real estate yang menampilkan foto properti.

Tips Perawatan Printer

Pada umumnya usia barang elektronik memiliki masa waktu sampai dengan di atas 3 tahun. Namun hal tersebut tentu membutuhkan cara perawatan yang baik agar barang tetap awet. Salah satu barang elektronik yang sering dibutuhkan orang adalah printer. Mesin printer digunakan dalam berbagai hal misal untuk keperluan mencetak gambar, mencetak tulisan, dan lain sebagainya. Mesin printer yang terkenal seperti Epson, Canon, dan merk lainnya. Yang banyak menjadi permasalahan biasanya ketika mencetak tulisan tidak terlalu jelas, mesin printer tidak mau bekerja, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti catridge rusak, atau tinta tinggal sedikit. Tips cara merawat printer yang anda miliki agar awet dan tahan lama ini akan lebih mudah dilakukan dari pada memperbaiki printer yang rusak. Tidak butuh waktu lama pada saat melakukan atau merawatnya, hanya butuh waktu beberapa menit namun harus dilakukan dengan rutin.

Mematikan Printer dengan Benar Dengan Cara Menekan Tombol Power. Tidak hanya laptop atau komputer saja dimatikan sesuai prosedur, printer juga harus dilakukan dengan cara yang sama. Ketika selesai pemakaian, alangkah baiknya jika printer dimatikan dengan cara yang benar yaitu menekan tombol power. Dengan begitu maka printer akan otomatis melakukan pembersihan pada permukaan head. Sehingga menjadikan head catridge lebih bersih dan terjaga. Untuk menghindari hal buruk, usahakan hindari mematikan printer dengan mencabut langsung kabel power.

Pengisian Tinta Secara Berkala. Untuk menjaga printer agar awet dan tahan lama sebaiknya melakukan isi tinta secara berkala. Tips ini dapat membuat head catridge pada printer menjadi awet dan tahan lama. Perlu diingat usahakan untuk mengisi tinta secara berkala untuk menghindari habisnya tinta pada printer. Segera isi ulang tinta jika sudah menunjukkan tanda habis. Tinta yang kosong akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge. Gunakan tinta refill yang direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkwalitas. Walaupun harganya relatif mahal tetapi hal ini akan membuat kualitas cetakannya lebih baik lagi.

Gunakan sesering mungkin. Printer yang jarang digunakan akan berakibat terjadinya kebuntuan pada Nozzle karena tinta kering yang tidak mengalir, hal ini disebabkan oleh diameter nozzle yang sangat kecil. Maka penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang merupakan tempat keluarnya tinta. Bila hal ini terjadi maka bisa berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan Printer itu sendiri, jadi rawatlah printer Anda untuk mencegah jangan sampai kasus ini terjadi.

Menghindari Penggunaan Kertas yang Telah Kotor dan Berdebu. Pemakaian kertas yang berdebu dan kotor dapat berakibat buruk pada roll penarik kertas. Karena di saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu maka roll pencetak kertas akan kotor juga. Bila hal ini terus terjadi maka lama kelamaan akan mengakibatkan ausnya pada roll yang berakibat kerusakan yang tidak dapat berfungsi untuk menarik kertas. Setiap barang elektronik diperlukan perawatan agar terhindar dari debu yang menempel. Debu yang menempel lama kelamaan akan menjadi tebal dan mempengaruhi kinerja. Hal ini juga berlaku pada mesin printer, jangan biarkan printer Anda terbuka saat tidak digunakan. Selalu tutup printer saat setelah pemakaian agar kotoran seperti debu tidak masuk ke dalamnya. Cara yang satu ini langkah paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga printer agar awet dan tahan lama.

Gunakan kertas yang cocok. Beberapa tipe printer tidak mampu menarik kertas yang kusut dan terlalu tebal. Jadi pastikan kertas yang anda gunakan cocok agar tidak tersangkut di dalam printer nantinya. Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kertas akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.

Demikian ulasan tentang spesifikasi HP LaserJet Enterprise 500 Color M551 Series. Mudah mudahan dengan membaca referensi spesifikasi HP LaserJet Enterprise 500 Color M551 Series bisa bermanfaat bagi anda semua,