Spesifikasi Dan Harga Printer HP 1010

Harga Printer HP 1010 – Printer HP biasa dibilang sebagai printer yang murah dan berkualitas. Printer HP memang harganya dibawah Canon dan juga Epson, namun kualitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Hasil dari printer HP juga bagus dan tidak kalah dengan merk lainnya. HP merupakan merk yang mengusung tablet, laptop, dan juga printer. Sejumlah seri printer sudah beredar di pasaran Indonesia dengan harga yang beragam yang bisa disesuaikan dengan budget masyarakat. Printer HP terkenal dengan desain tampilan yang bagus dan juga kualitas yang bisa diandalkan. Merk printer HP mengeluarkan beberapa jenis printer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Merk ini tidak kalah dengan kedua nama besar di atas yakni Canon dan Epson. bagi anda yang ingin mencari printer, printer HP bisa menjadi pilihan karena dengan harga yang cukup murah sudah bisa memiliki printer dengan kualitas yang cukup bagus.

spesifikasi-dan-harga-printer-hp-1010

Printer merupakan satu hal yang sangat penting untuk kalangan pelajar karena hampir seluruh tugas dicetak dengan tulisan printer. Dengan adanya printer di rumah, kita tidak akan kesulitan untuk pergi ke percetakan ataupun ke warnet hanya untuk mencetak atau print out tugas sekolah atau kuliah. Oleh karena itu sekarang ini printer telah menjadi bagian kebutuhan atau pelengkap utama komputer di rumah terutama untuk kalangan pelajar sekolah maupun kuliah. Printer merupakan perangkat elektronik yang dihubungkan ke komputer atau laptop yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang berupa teks maupun gambar. Seperti halnya membeli laptop ataubarang elektronik lain, dalam membeli printer membutuhkan tips memilih printer yang benar. Hal ini dikarenakan banyaknya merk-merk printer dengan menawarkan spesifikasi beragam yang terkadang membuat kebanyakan orang bingung dalam memilih. Printer juga termasuk ke dalam perangkat yang membutuhkan perawatan khusus agar dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Printer dengan harga terjangkau dapat menjadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan perangkat ini.

Spesifikasi Printer HP 1010

Munculnya perangkat keras bernamakan printer di dunia teknologi memang sudah menghadirkan banyak manfaat. Perangkat mesin ketik yang sejak ratusan tahun lalu hadir pun telah tersisih. Lantaran kecanggihan perangkat printer yang memiliki fungsi sebagaimana manusia-manusia dunia saat ini inginkan. Adalah mencetak suatu dokumen untuk kepentingan pribadi maupun banyak orang. Mulai dari teks, gambar, serta gabungan teks dan gambar. Selain berfungsi untuk mencetak suatu dokumen, printer juga memiliki fungsi lain yang telah diadopsi dari teknologi lainnya. Sebut saja fungsi menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax). Pada awalnya printer hanyalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang menampilkan data berupa teks, gambar, serta grafik dalam lembaran kertas. Namun berkat perkembangan teknologi yang cukup pesat, fungsi alat-alat lain pun bisa diadopsi.

Memilih printer itu susah-susah gampang, susahnya karena kita tak bisa selalu menemukan printer yang sesuai dengan kebutuhan kita. Saat kita bisa menemukan printer yang sesuai dengan kebutuhan, harganya sangat mahal dan tak sesuai dengan budget yang kita miliki. Maka dari itu, memilih printer itu harus disesuaikan dengan semua aspek kebutuhan kita. Tak hanya menyesuaikan dengan kebutuhan kita, namun juga disesuaikan dengan jumlah uang yang kita miliki. Lebih baik memilih printer yang memiliki spesifikasi dan kualifikasi yang sesuai dengan yang kita cari. Misalnya kita hanya membutuhkan printer untuk mencetak dokumen, maka pilih saja printer yang hanya bisa mencetak saja. Selain lebih praktis dan tak mudah rusak, harganya juga jauh lebih hemat. Bagi anda yang tengah mencari printer terbaru dengan harga paling murah, berikut adalah spesifikasi printer termurah HP Deskjet 1010. Harga printer HP 1010 sangat terjangkau dengan spesifikasi yang memuaskan.

Printer dengan desain modis dan dinamin ini adalah printer khusus cetak, memiliki kecepatan cetak halaman hitam putih sebanyak dua puluh lembar per menit, kemampuan cetak yang lumayan cepat itu tentunya bisa membuat kita lebih mudah menyelesaikan pekerjaan yang dikejar deadline. Sementara itu kemampuan cetak untuk halaman berwarna adalah 16 halaman per menit. Ini juga cukup cepat, kita bisa mencetak foto, mencetak dokumen berwarna atau mencetak pola mind mapping juga. Printer HP Deskjet 1010 memiliki fitur yang beragam dari sebuah printer inkjet. Printer ini memiliki jangkauan fungsi yang luas, baik digunakan untuk di rumah atau kebutuhan kantor. Dengan kemampuan mencetak warna akan membantu Anda menyelesaikan projek secara tepat waktu.

Printer HP 1010 Review

Printer HP Deskjet 1010 memiliki ukuran 42,1 x 38 x 26,6 cm dengan posisi penampung kertas terbuka. Beratnya hanya 3 kg, dan Anda bisa dengan mudah memindahkan printer ini untuk menyesuaikan dengan bentuk ruangan. Dengan finishing matte pada bagian body membuatnya tahan terhadap noda, serta mudah untuk dibersihkan dari debu. Tombol kontrolnya berada di panel kiri atas. Tombol power-nya berada pada bagian paling atas. Konektor USB dan power-nya berada di bagian belakang printer. Dengan harga printer HP 1010 yang terjangkau semua akan dapatkan di printer ini. Printer dari HP seri HP Deskjet 1010 memiliki kelebihan pada harganya yang murah. Namun dengan kualitas cetak yang lumayan, sekaligus cukup irit biaya cetaknya. Printer ini juga cukup bisa diandalkan kemampuan cetaknya untuk sekedar foto.

Penampung kertasnya bisa dibuka-tutup dari panel utama. Penampung kertasnya bisa menampung kapasitas hingga 60 lembar (ukuran A4) atau amplop berukuran 5 DL, dan pada bagian penampung output bisa menampung hingga 25 lembar kertas berukuran A4. Akses untuk cartridge berada di bagian dalam penampung output, di dalamnya terdapat 2 buah cartridge tinta hitam dan tinta warna. Dengan kecepatan cetak hingga 16 halaman per menit, untuk draft A4, dan 12 halaman per menit untuk cetak warna. Anda bisa mencetak dokumen dengan cepat pada resolusi hingga 600 dpi untuk pencetakan monokrom. Anda bisa mencetak sebuah foto berwarna dengan resolusi maksimal 4800 x 1200 dpi.

Printer HP Deskjet 1010 bisa menggunakan kertas berukuran A4, B5, A5, A6 dan ukuran DL untuk amplop. Printer HP Deskjet ini juga bisa mencetak di berbagai macam media seperti kertas brosur, kertas inkjet, kertas polos, kertas foto, amplop, label, kartu nama, dan juga kertas transparansi. Salah satu hal terbaik dari printer ini selain bisa melakukan pekerjaan yang banyak, yaitu konsumsi listriknya hanya 10 W dan tingkat kebisingannya hanya 6.4 dB.

Kelemahan di printer HP Deskjet 1010 terletak di suaranya yang berisik, seperti layaknya semua printer inkjet. Juga printhead mudah buntu bila digunakan tinta yang tidak orisinil. Meskipun modif printer sudah umum dilakukan, tetap saja pemilihan tinta yang berkualitas menjadi hal yang penting. Printer HP Deskjet 1010 mungkin sangat cocok untuk di rumah, karena sangat praktis dan murah. Namun tidak untuk printing yang terlalu berat, hanya untuk printing biasa. Meskipun bisa untuk printing foto, namun hasilnya kurang maksimal. Harga printer HP 1010 sangat cocok untuk anda.

spesifikasi-dan-harga-printer-hp-1010

Printer HP 1010

HP Deskjet 1010 juga mampu mencetak lebih cepat dibanding printer yang lain. HP Deskjet 1010 memiliki kecepatan mencetak 20 halaman permenit untuk mencetak warna hitam putih dan memiliki kecepatan mencetak 16 halaman permenit untuk mencetak warna. meskipun cepat namun jangan salah, kualitas cetaknya memiliki resolusi 4800 x 1200 jadi gambar yang dicetaknya juga memiliki detail tingkat tinggi. Meski kecepatan mencetaknya sangat tinggi namun konsumsi daya yang dibutuhkan printer HP Deskjet 1010 sangat rendah. konsumsi daya yang dibutuhkan hanya 10 watts saat aktif mencetak, 1,6 watts saat dalam posisi stand by dan 0.8 watt saat dalam keadaan sleep. HP sudah terkenal dengan harga kartrid yang ramah di kantong penggunanya. HP Deskjet 1010 menggunakan 2 kartrid didalamnya yakni kartrid HP 802 black dan tri color.

Tips Perawatan Printer

Pada umumnya usia barang elektronik memiliki masa waktu sampai dengan di atas 3 tahun. Namun hal tersebut tentu membutuhkan cara perawatan yang baik agar barang tetap awet. Salah satu barang elektronik yang sering dibutuhkan orang adalah printer. Mesin printer digunakan dalam berbagai hal misal untuk keperluan mencetak gambar, mencetak tulisan, dan lain sebagainya. Mesin printer yang terkenal seperti Epson, Canon, dan merk lainnya. Yang banyak menjadi permasalahan biasanya ketika mencetak tulisan tidak terlalu jelas, mesin printer tidak mau bekerja, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti catridge rusak, atau tinta tinggal sedikit. Tips cara merawat printer yang anda miliki agar awet dan tahan lama ini akan lebih mudah dilakukan dari pada memperbaiki printer yang rusak. Tidak butuh waktu lama pada saat melakukan atau merawatnya, hanya butuh waktu beberapa menit namun harus dilakukan dengan rutin.

Mematikan Printer dengan Benar Dengan Cara Menekan Tombol Power. Tidak hanya laptop atau komputer saja dimatikan sesuai prosedur, printer juga harus dilakukan dengan cara yang sama. Ketika selesai pemakaian, alangkah baiknya jika printer dimatikan dengan cara yang benar yaitu menekan tombol power. Dengan begitu maka printer akan otomatis melakukan pembersihan pada permukaan head. Sehingga menjadikan head catridge lebih bersih dan terjaga. Untuk menghindari hal buruk, usahakan hindari mematikan printer dengan mencabut langsung kabel power.

Pengisian Tinta Secara Berkala. Untuk menjaga printer agar awet dan tahan lama sebaiknya melakukan isi tinta secara berkala. Tips ini dapat membuat head catridge pada printer menjadi awet dan tahan lama. Perlu diingat usahakan untuk mengisi tinta secara berkala untuk menghindari habisnya tinta pada printer. Segera isi ulang tinta jika sudah menunjukkan tanda habis. Tinta yang kosong akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge. Gunakan tinta refill yang direkomendasikan agar hasil cetakan printer tetap berkwalitas. Walaupun harganya relatif mahal tetapi hal ini akan membuat kualitas cetakannya lebih baik lagi.

Gunakan sesering mungkin. Printer yang jarang digunakan akan berakibat terjadinya kebuntuan pada Nozzle karena tinta kering yang tidak mengalir, hal ini disebabkan oleh diameter nozzle yang sangat kecil. Maka penggunaan printer secara berkala dan teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle yang merupakan tempat keluarnya tinta. Bila hal ini terjadi maka bisa berakibat kerusakan pada head catridge yang harganya hampir sama dengan Printer itu sendiri, jadi rawatlah printer Anda untuk mencegah jangan sampai kasus ini terjadi.

Menghindari Penggunaan Kertas yang Telah Kotor dan Berdebu. Pemakaian kertas yang berdebu dan kotor dapat berakibat buruk pada roll penarik kertas. Karena di saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu maka roll pencetak kertas akan kotor juga. Bila hal ini terus terjadi maka lama kelamaan akan mengakibatkan ausnya pada roll yang berakibat kerusakan yang tidak dapat berfungsi untuk menarik kertas. Setiap barang elektronik diperlukan perawatan agar terhindar dari debu yang menempel. Debu yang menempel lama kelamaan akan menjadi tebal dan mempengaruhi kinerja. Hal ini juga berlaku pada mesin printer, jangan biarkan printer Anda terbuka saat tidak digunakan. Selalu tutup printer saat setelah pemakaian agar kotoran seperti debu tidak masuk ke dalamnya. Cara yang satu ini langkah paling mudah untuk dilakukan dalam menjaga printer agar awet dan tahan lama.

Gunakan kertas yang cocok. Beberapa tipe printer tidak mampu menarik kertas yang kusut dan terlalu tebal. Jadi pastikan kertas yang anda gunakan cocok agar tidak tersangkut di dalam printer nantinya. Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas kotor dan berdebu untuk mencetak roll penarik kertas akan menjadi kotor. Bila hal ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi aus pada roll yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi bisa berfungsi untuk menarik kertas.

Keunggulan Printer HP

  1. Printer HP mampu mendeteksi printer yang sedang aktif. Printer ini dapat berjalan meski hanya memakai satu cartridge, baik hitam atau warna saja. Saat cartridge ada yang rusak atau tidak diselipkan cartridge di tempatnya, sistem printer HP bisa mengenali dan memberi peringatan lewat layar monitor. Ini memudahkan user untuk memperkirakan masalah pada printer ketika sewaktu-waktu ngambek untuk mencetak.
  2. Meskipun cartridge printer HP bisa diakali dengan mengisi ulang, harga baru mesin tintanya terbilang semakin murah. Dalam artian, jumlah uang yang mesti dikeluarkan sebanding dengan jumlah total cetakan yang bisa dilakukan. Kala umur ekonomis cartridge berakhir dengan adanya kerusakan, konsumen masih bisa menjangkau untuk membeli cartridge baru. Kebanyakan, masalah di printer HP terjadi karena cartridge sudah aus karena pemakaian normal.
  3. Cara mengisi ulang cartridge cukup mudah. Meskipun cara ini tidak direkomendasikan oleh HP, cartridge bisa diisi kembali memakai tinta suntik yang banyak dijual di toko komputer atau alat kantor. Harga isi ulang cukup murah dan bisa dilakukan sendiri sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan tinta isi ulang.
  4. Soal kebisingan, suara yang ditimbulkan oleh printer HP tidak terlalu berisik. Baik jenis ink jet maupun laser jet, suaranya lebih “lembut”.
  5. Dengan banyaknya tipe yang dikeluarkan, harga printer HP yang ditawarkan menjadi lebih terjangkau dari para pesaingnya. Konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan.
  6. Printer ini jarang mengeluarkan pesan “error”. Sehingga, pengguna lebih nyaman untuk memakai printer.
  7. Hasil cetakan terlihat lebih tajam, halus, dan tidak perlu menunggu lama. Kemampuan mencetak printer HP cukup cepat.

Di balik berbagai keunggulan ini, ada beberapa kelemahan yang ditemukan. Namun, kelemahan ini tidak terlalu mengganggu kerja printer secara keseluruhan. Kelemahan tersebut, antara lain sebagai berikut :

  1. Penggunaan memori untuk mencetak data cukup besar. Sesekali, mungkin ditemukan kasus jika printer tidak langsung mencetak setelah menekan tombol “print” di komputer. Untuk file dengan ukuran cukup besar perlu beberapa saat untuk menunggu sebelum proses cetak dilakukan atau terkadang komputer perlu di restart untuk meluruskan printer kembali.
  2. Saat mengisi ulang cartridge warna, kadang ada warna yang tidak mau keluar. Bisa jadi, ini salah satu upaya dari produsen agar pemakaian cartridge yang targetkan hanya sekali pakai, tidak maksimal pemakaiannya saat digunakan berulang kali.

Demikianlah ulasan tentang spesifikasi dan harga printer HP 1010. Semoga dengan mengetahui spesifikasi dan harga printer HP 1010 anda tidak akan ragu lagi membeli printer ini. Harga printer HP 1010 ini juga sangat terjangkau.